STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU PONOROGO MELALUI PERANTARA ULAMA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BANK SYARIAH

Mana Sikana, Rina Arina (2023) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU PONOROGO MELALUI PERANTARA ULAMA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BANK SYARIAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402180200_Rina Arina Mana Sikana_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Arina Mana Sikana, Rina. 2023. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Melalui Perantara Ulama Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank syariah”, Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Amin Wahyudi, M.E.I.

Kata Kunci : Strategi pemasaran, Peran Ulama dan Faktor

Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo memiliki visi dan misi awal pendirian berperan serta menunjang pembangunan Bangsa Indonesia, terutama melalui upaya peningkatan peranan pengusaha muslim dalam perekonomian, tanpa melupakan tanggungjawab sosialnya sesuai dengan ajaran Islam. Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo membangun kemitraan dengan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak sebagai upaya pelaksanaan strategi pemasaran melalui peran Ulama. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo, faktor penghambat dan faktor pendukung dari strategi pemasaran melalui perantara ulama, serta peran ulama terhadap peningkatan jumlah nasabah produk tabungan bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Peneliti menggunakan metode field research, dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Bank Muamalat Kantor Cabang Pemabantu Ponorogo di Jl. HOS Cokroaminoto KAV 35-37 Ponorogo, Jawa Timur dan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak, Ponorogo, Jawa Timur. Berdasarkan dari hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa strategi pemasaran produk tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo menggunakan strategi pemasaran dengan menjalin kemitraan salah satunya dengan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Terdapat faktor keuntungan kerjasama mitra, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menjalankan strategi ini, Peran ulama dalam meningkatkan jumlah nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo yaitu, Menghimbau dan mengajak masyarakat supaya memanfaatkan institusi-institusi ekonomi syariah yang telah berkembang dengan sangat baik di daerah Ponorogo, menjelaskan kepada masyarakat keunggulan-keunggulan ekonomi Islam, membantu mensosialisasikan salah satu produk tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo kepada wali santri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dalam menjalankan kegiatan sosialisasi dilakukan secara tidak langsung yaitu menggunakan media aplikasi WhatsApp dan brosur dari Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo, menyampaikan kepada masyarakat bahwa Bank Syariah itu adalah penerapan Fiqh Muamalah sesuai dengan sistem kehidupan modern saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:31
Last Modified: 13 Nov 2023 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25909

Actions (login required)

View Item View Item