Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an di TPA Baitur-Rohman Cantel Pitu Ngawi

Ernawati, Ayu Nika (2023) Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an di TPA Baitur-Rohman Cantel Pitu Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190044_AYU NIKA ERNAWATI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ernawati, Ayu Nika. 2023. Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di TPA Baitur-Rohman Cantel Pitu Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Dr. Sugiyar, M.Pd.I
Kata Kunci: Metode Tilawati, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an
Penggunaan metode yang kurang tepat dalam suatu pembelajaran dapat menyebabkan hasil pembelajaran yang kurang optimal, seperti halnya dalam pembelajaran Al-Qur'an. Pembelajaran Al-Qur'an di TPA Baitur-Rohman diimplementasikan dengan menggunakan metode tilawati. Metode Tilawati merupakan metode pembelajaran Al-Qur'an yang menggunakan lagu rost dengan pendekatan yang seimbang yaitu pendekatan klasikal dengan alat peraga dan pendekatan individual dengan teknik baca simak. Metode tilawati tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di TPA Baitur-Rohman Cantel Pitu Ngawi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode tilawati di TPA Baitur-Rohman Cantel Pitu Ngawi, kendala yang dihadapi dalam implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di TPA Baitur-Rohman Cantel Pitu Ngawi, serta mengetahui dampak dari implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di TPA Baitur-Rohman Cantel Pitu Ngawi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu kondensasi data, tampilan data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode tilawati di TPA Baitur-Rohman Cantel Pitu Ngawi melalui tiga tahap yaitu tujuan pembelajaran, proses pembelajaran meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup, serta evaluasi. Keberhasilan pembelajaran metode tilawati di TPA Baitur-Rohman ini ditunjang dengan adanya fasilitas yang memadai, adanya kerjasama yang baik antara ustadz/ustadzah dengan wali santri, dan adanya kerjasama yang baik antar ustadz/ustadzah untuk meningkatkan kemampuan santri. Sedangkan kendala yang sering dihadapi dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di TPA Baitur-Rohman adalah adanya santri yang absen ketika pembelajaran, belum adanya kriteria perekrutan ustadz/ustadzah, kemampuan santri yang berbeda-beda. Implementasi metode tilawati di TPA Baitur-Rohman ini sangat efektif sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur'an santri secara signifikan, ditandai dengan santri paham hukum bacaan tajwid nya dan selain fashohah dalam membaca santri juga mengetahui nama hurufnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:28
Last Modified: 13 Nov 2023 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25903

Actions (login required)

View Item View Item