..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Marketing Mix Dalam Meningatkan Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MAN 1 Kota Madiun

Firdaus, Mohamad Iqbal (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Marketing Mix Dalam Meningatkan Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MAN 1 Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
M Iqbal Firdaus_206190098_Skripsi Watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Firdaus, Mohamad Iqbal, 2023. Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MAN 1 Kota Madiun). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Abdul Kholiq, MBA.

Kata Kunci: Marketing Mix, Citra Lembaga Pendidikan
Citra dalam lembaga merupakan salah satu hal yang bernilai tinggi bagi suatu lembaga khususnya lembaga pendidikan. Strategi marketing mix merupakan langkah aktifitas pemasaran yang diterapkan oleh lembaga pendidikan untuk meningkatkan citra lembaga. Apabila strategi marketing mix berhasil maka citra dari lembaga akan baik. Citra lembaga yang baik masyarakat akan tertarik dan menilai bahwa lembaga pendidikan tersebut layak dimanfaatkan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui penerapan strategi marketing mix dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di MAN 1 Kota Madiun (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi marketing mix dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di MAN 1 Kota Madiun (3) Untuk mengetahui hasil penerapan strategi marketing mix dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di MAN 1 Kota Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Narasumber dalam wawancara ini yaitu kepala madrasah, waka kesiswaan, waka kurikulum dan waka humas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan data. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan pengecekan anggota member.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Penerapan Stratetgi marketing mix yang dilakukan di MAN 1 Kota Madiun sudah bisa dikatakan berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari citra MAN 1 Kota Madiun yang lebih baik, serta program unggulan yang dimiliki MAN 1 Kota Madiun berjalan dengan baik. MAN 1 Kota Madiun dalam melakukan pemasaran menggunakan strategi marketing mix diantaranya yaitu: Product (produk), Price (harga), People (orang/sumber daya manusia), Promotion (promosi), Place (tempat), Physical evidence (bukti fisik, dan Process (proses) (2) Faktor pendukung dan penghambat MAN 1 Kota Madiun dalam melakukan marketing mix jasa pendidikan yaitu MAN 1 Kota Madiun memiliki program unggulan yaitu program dalam bidang IT yang dinamakan PRODISTIK, program PRODISTIK ini bekerjasama dengan kampus ITS Surabaya dan nantinya peserta didik yang telah lulus dari MAN 1 Kota Madiun akan setara dengan Diploma I atau D1. Kemudian program lainnya seperti Robotika, program Robotika juga menjadi program yang di unggulkan MAN 1 Kota Madiun, sehingga faktor pendukung dari pelaksanaan marketing mix di MAN 1 Kota Madiun adalah program unggulan yang dimiliki. Untuk faktor penghambat MAN 1 Kota Madiun dalam melakukan marketing mix jasa pendidikan yaitu masih kurangnya gedung madrsah, adanya persaingan dengan lembaga sekolah sejenis di kota Madiun, dan kurang luasnya lahan madrasah. Sehingga hal tersebut menjadi faktor penghambat MAN 1 Kota Madiun dalam melakukan pemasaran jasa pendidikan (3) Hasil dari strategi marketing mix di MAN 1 Kota Madiun dalam meningkatkan citra madrasah sudah bisa dikatakan cukup berhasil. Karena MAN 1 Kota Madiun menjalankan dengan baik program-program yang dimiliki seperti promosi pendidikan yang menggunakan strategi marketing mix, menjalankan program unggulan dengan baik, menjalankan kegiatan yang dimiliki dengan maksimal, mengadakan sosialisasi mengenai PPDB di tingkat SMP/MTS secara offline, mengirimkan peserta didik untuk mengikuti perlombaan, dan menunjukkan prestasi atau hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:25
Last Modified: 13 Nov 2023 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25899

Actions (login required)

View Item View Item