..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Pemasaran Produk Tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Melalui Perantara Ulama Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Syariah

Arina Mana Sikana, Rina (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Pemasaran Produk Tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Melalui Perantara Ulama Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Syariah. UNSPECIFIED.

[img] Text
402180200_Rina Arina Mana Sikana_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Arina Mana Sikana, Rina. 2023. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Bank
Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Melalui Perantara Ulama
Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank syariah”, Skripsi. Jurusan
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Amin Wahyudi, M.E.I.
Kata Kunci : Strategi pemasaran, Peran Ulama dan Faktor
Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo memiliki visi dan
misi awal pendirian berperan serta menunjang pembangunan Bangsa Indonesia,
terutama melalui upaya peningkatan peranan pengusaha muslim dalam
perekonomian, tanpa melupakan tanggungjawab sosialnya sesuai dengan ajaran
Islam. Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo membangun
kemitraan dengan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak sebagai upaya
pelaksanaan strategi pemasaran melalui peran Ulama.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi
pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Muamalat Kantor
Cabang Pembantu Ponorogo, faktor penghambat dan faktor pendukung dari
strategi pemasaran melalui perantara ulama, serta peran ulama terhadap
peningkatan jumlah nasabah produk tabungan bank Muamalat Kantor Cabang
Pembantu Ponorogo. Peneliti menggunakan metode field research, dengan
menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data peneliti
melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian yang
dilakukan oleh peneliti di Bank Muamalat Kantor Cabang Pemabantu Ponorogo di
Jl. HOS Cokroaminoto KAV 35-37 Ponorogo, Jawa Timur dan Pondok Pesantren
Darul Huda Mayak, Ponorogo, Jawa Timur.
Berdasarkan dari hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa
strategi pemasaran produk tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu
Ponorogo menggunakan strategi pemasaran dengan menjalin kemitraan salah
satunya dengan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Terdapat faktor
keuntungan kerjasama mitra, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
menjalankan strategi ini, Peran ulama dalam meningkatkan jumlah nasabah Bank
Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo yaitu, Menghimbau dan mengajak
masyarakat supaya memanfaatkan institusi-institusi ekonomi syariah yang telah
berkembang dengan sangat baik di daerah Ponorogo, menjelaskan kepada
masyarakat keunggulan-keunggulan ekonomi Islam, membantu mensosialisasikan
salah satu produk tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo
kepada wali santri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dalam menjalankan
kegiatan sosialisasi dilakukan secara tidak langsung yaitu menggunakan media
aplikasi WhatsApp dan brosur dari Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu
Ponorogo, menyampaikan kepada masyarakat bahwa Bank Syariah itu adalah
penerapan Fiqh Muamalah sesuai dengan sistem kehidupan modern saat ini.

Item Type: Book
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Location: IAIN Ponorogo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:16
Last Modified: 10 Nov 2023 08:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25895

Actions (login required)

View Item View Item