Kemampuan Mahasantri Putri Mahad Al-Jami'ah IAIN Ponorogo Tentang Surah Al-Fatihah

Komah, Isti (2023) Kemampuan Mahasantri Putri Mahad Al-Jami'ah IAIN Ponorogo Tentang Surah Al-Fatihah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI upload ethesis.pdf

Download (7MB)

Abstract

Isti Komah. 2023. Kemampuan Mahasantri Putri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo tentang Surah Al-Fatihah. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Zahrul Fata, Ph.D.
Kata Kunci: Kemampuan, Surah Al-Fatihah.
Perguruan tinggi Islam bertujuan untuk mencetak sarjana yang berkarakter ulama. Untuk itu, pengetahuan yang mendasar tentang pokok-pokok agama Islam wajib dikuasai oleh lulusannya, seperti BTA (Baca Tulis Al-Qur’an). Secara umum kemampuan BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) mahasiswa perguruan tinggi Islam lebih baik daripada mahasiswa dari perguruan tinggi umum. Namun tidak bisa dipungkiri masih ada beberapa mahasiswa yang masuk kategori belum mampu BTA (Baca Tulis Al-Qur’an).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasantri putri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo tentang surah Al-Fatihah, mulai dari cara membaca yang sesuai dengan kaidah yang benar, cara penulisan yang tepat, serta menerjemahkan surah Al-Fatihah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling dengan sumber data tertulis dan tidak tertulis. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Pengolahan data menggunakan metode deskriptif eksploratif. Yang terakhir, data dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan mahasantri dari segi bacaan surah Al-Fatihah mampu membaca dengan baik, namun banyak diantaranya yang masih memerlukan perbaikan, terutama dalam hal makhorijul huruf. Dari segi tulisan masih sangat kurang, karena banyak ditemukan kesalahan dalam penulisan surah Al-Fatihah. Sedangkan dari segi menerjemahkan, secara garis besar telah mampu menerjemahkan, walaupun masih banyak yang lupa dan bahkan tidak mampu menerjemahkan beberapa ayat dalam surah Al-Fatihah.
Permasalahan serupa ini dapat saja terjadi pada mahasiswa di berbagai tempat, lembaga, dan perguruan tinggi lainnya. Sehingga membutuhkan kesadaran menyeluruh bahwa mahasiswa dari perguruan tinggi Islam, tidak dapat dijadikan jaminan dalam hal kemampuan seseorang dari segi membaca, menulis, dan menerjemahkan Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zahrul Fata
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:10
Last Modified: 10 Nov 2023 08:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25893

Actions (login required)

View Item View Item