PESAN DAKWAH DALAM FILM WEB SERIES USTADZ MILENIAL EPISODE 15-17 (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Aisyah, Christin Nur (2023) PESAN DAKWAH DALAM FILM WEB SERIES USTADZ MILENIAL EPISODE 15-17 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
302190077_Christin Nur Aisyah_KPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Christin Nur Aisyah, 2023. Pesan Dakwah Dalam Film Web Series Ustadz Milenial Episode 15-17 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Asna Istya Marwantika, M.Kom.I.

Kata Kunci: Pesan Dakwah, Semiotika Roland Barthes, Film Dakwah

Kehadiran film saat ini tidak hanya sebagai hiburan, namun dikembangkan sebagai media baru untuk menyampaikan dakwah, salah satunya Ustadz Milenial yang menceritakan tentang seorang pemuda yang harus merelakan pendidikannya di luar negeri untuk menyelesaikan permasalahan bisnis keluarga, menjalankan wasiat dari bapaknya dan memutuskan memilih seseorang dalam kisah asmaranya. Penggunaan film merupakan terobosan baru bagi para pendakwah, sehingga kesan dakwah tidak lagi dinilai membosankan atau monoton.

Penelitian ini akan menjawab dari rumusan masalah tentang makna denotasi, konotasi dan mitos dakwah dengan menggunakan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes dan bentuk pesan dakwah yang terdapat di dalam film Ustadz Milenial pada episode 15 – 17. Penelitian ini bertujuan menguraikan informasi pesan dakwah yang terdapat di dalam film Ustadz Milenial. ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang digunakan diperoleh dari hasil dokumentasi pengamatan film yang dinilai memiliki makna atau pesan dan observasi.

Penelitian ini menghasilkan kesimpulan tentang makna dan pesan dakwah film Ustadz Milenial. Pertama, makna Denotasi dalam film ini tentang ekspresi Ahmad, suasana ruang makan, Susan sedang belajar, dua anak yang bermain, tim kerja, ibu yang menanyakan anaknya, suasana masjid setelah solat id, penyambutan tamu, berkumpul bersama kerabat dan sahabat, bertamu, membujuk orang tua, dan saling merangkul. Konotasi berupa memperbaiki niat hanya kepada Allah, belajar tidak terbatas waktu dan tempat, rasa berbakti pada orang tua, dosa bersekutu dengan jin, mendiskusikan permasalahan bersama-sama, adab kepada orang tua, dan sikap toleransi. Mitos dalam film ini tentang penerapan prinsip-prinsip yang berlandaskan agama dalam keseharian membuat hidup selalu diniatkan untuk Allah Swt., dan akhlak ikut terjaga serta tertata. Kedua, pesan dakwah dalam film Ustadz Milenial diidentifikasikan dalam 3 pokok bahasan pesan dakwah seperti: 1) Akidah; tentang keimanan kepada Allah. 2) Syariah; tentang perintah dan hukum Allah salah satunya perintah untuk berbakti kepada orang tua. 3) Akhlak; adab, musyawarah, bersilaturahmi, dan toleransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:50
Last Modified: 10 Nov 2023 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25892

Actions (login required)

View Item View Item