ANALISIS IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA SEBAGAI CERMIN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (Studi Kasus Dusun Sodong Desa Gelang Kulon Kecamatan Sampung Ponorogo)

Hadi, Samsul (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA SEBAGAI CERMIN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (Studi Kasus Dusun Sodong Desa Gelang Kulon Kecamatan Sampung Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190253_SAMSUL HADI_ UPLOAD SKRIPSI ANALISIS IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA SEBAGAI CERMIN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA .pdf

Download (2MB)

Abstract

Hadi, Samsul. 2022 Analisis Implementasi Moderasi Beragama Sebagai Cermin kerukunan Umat Beragama( Studi Kasus Dusun Sodong Desa Gelang Kulon Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Wibowo, M.Pd.I.
Kata Kunci: Moderasi Beragama, Prinsip, Konsep, Implementasi, Dusun Sodong
Peran moderasi beragama dalam menghadapi berbagai permasalahan intoleransi beragama seperti konflik antar umat beragama sekarang menjadi suatu yang sangat penting. Karena moderasi beragama merupakan bentuk lain yang seirama dengan toleransi beragama. Dengan adanya moderasi beragama, diharapkan terjadi perubahan cara pandang dan perilaku masyarakat, dimana masyarakat akan lebih menghormati dan menghargai agama lain dalam kerangka keberagaman yang ada. Dusun Sodong Desa Gelang Kulon Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo merupakan cermin kerukunan umat beragama. Bahwa masyarakat hidup berdampingan baik islam dan budha saling hidup rukun damai dan gotong royong. moderasi beragama masyarakat Dusun Sodong proses memahami agama sekaligus menerapkan ajaran agama secara seimbang dan adil.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui implementasi moderasi beragama sebagai cermin kerukunan umat beragama masyarakat Dusun Sodong Desa Gelang Kulon Kecamatan Sampung Ponorogo. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi moderasi beragama sebagai cermin kerukunan umat beragama masyarakat Dusun Sodong Desa Gelang Kulon Kecamatan Sampung Ponorogo.
Dalam penelitian yang dilakukan, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang diambil adalah pendekatan studi kasus yang dilakukan secara alamiah, holistik dan mendalam . Dalam proses pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangakan untuk melakukan tahapan analisis peneliti menggunakan 3 tahapan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh: (1) implementasi beragama masyarakat Dusun Sodong terbentuk dari sikap untuk saling menghargai dan menerima perbedaan dari setiap individu. Masyarakat memahami bahwa ruang-ruang ibadah juga tak melupakan ruang-ruang sosial kemasyarakatan. Untuk konsep moderasi beragama masyarakat Dusun Sodong yaitu, komitmen kebangsaan dibuktikan adanya kegiatan malam tirakatan dan perlombaan menjelang hari kemerdekan, musyawarah bersama dalam menentkan kebijakan dan gotong royong. Toleransi dibuktikan adanya kegiatan anjangsana, arisan, sinoman, dan kegiatan bercengkrama. Anti kekerasan dibuktikan adanya kegiatan dakwah kedamaian dalam masyarakat dan memperkuat wawasan kebangsaan. Akomodatif terhadap kebudayaan lokal dibuktikan adanya kegiatan krawitan, genduren, slametan, memperingati bulan suro, pasar krempyeng dan paguyuban reog. (2) faktor penghambat dan pendukung implementasi moderasi beragama. Untuk penghambat perlu dijaga kerukunan umat beragama dalam elemen masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan yang bisa di akses oleh masyarakat umum. Sedangkan, faktor pendukung terbentuknya kerukunan sejak lama dan banyak potensi masyarakat yang perlu di kembangkan serta terlibatnya elemen masyarakat baik pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda-pemudi dan masyarakat secara umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:37
Last Modified: 10 Nov 2023 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25880

Actions (login required)

View Item View Item