Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Financial Technology (Fintech)Paymentpada Generasi Milenial Di Kabupaten Ponorogo

Wardana, Risha (2023) Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Financial Technology (Fintech)Paymentpada Generasi Milenial Di Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Risha Wardana_PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAANFINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH)PAYMENTPADA GENERASI MILENIAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Generasi Milenial adalah masyarakat sosial yang lahir pada rentang usia 27-42 tahun yang mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan informasi. Banyaknya jumlah generasi milenial di Kabupaten Ponorogo kurang lebih 110.500 orang. Jumlah tersebut memiliki angka yang tinggi terhadap minat dalam penggunaan jaringan internet, hal ini ditambah dengan dukungan dari pemerintahan setempat terhadap perkembangan teknologi dan informasi dalam bentuk pemberian wifi dan akses internet yang mudah. Minat dalam penggunaan fintech yang menjadi aktivitas sehari-hari dalam hal transaksi dan perlakuan keuangan justru cenderung rendah. Sementara itu banyak dari aktivis pendidikan dan organisasi di Kabupaten Ponorogo telah memberikan sosialisasi dan seminar mengenai literasi keuangan, ditambah dengan dukungan sistem yang telah kredibel dari pengembang produk fintech. Namun banyak dari generasi milenial penggunafintechbelum konsisten menggunakannya secara berulang dikemudian hari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara parsial maupun simultan literasi keuangan, persepsi kemudahan, dan kepercayaan terhadap minat penggunaan fintech pada generasi milenial di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Menggunakan pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model regresi linier sederhana dan berganda digunakan untuk menganalisis penelitian. Variabel independen yang digunakan meliputi literasi keuangan, persepsi kemudahan, dan kepercayaan. Sedangkan variabel dependen meliputi minat penggunaan fintech. data diuji statistik menggunakan aplikasi SPSS Statistic 25.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1). Literasi Keuangan secara parsial berpengaruh terhadap minat penggunaan. 2). Persepsi Kemudahan secara parsial berpengaruh terhadap minat penggunaan. 3). Kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap minat penggunaan. 4). Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap minat penggunaan sebesar 57%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:22
Last Modified: 09 Nov 2023 06:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25878

Actions (login required)

View Item View Item