GAYA KOMUNIKASI DA’I DALAM MENYAMPAIKAN MATERI DAKWAH PADA PROGRAM ACARA LIVE STREAMING “MUTIARA PAGI” DI RRI MADIUN

Putri, Nazzahilla Ananda Arifiyan Shah (2023) GAYA KOMUNIKASI DA’I DALAM MENYAMPAIKAN MATERI DAKWAH PADA PROGRAM ACARA LIVE STREAMING “MUTIARA PAGI” DI RRI MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Nazzahilla An_Upload e-theses.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nazzahilla Ananda Arifiyan Shah Putri. 2023. Gaya Komunikasi Da’i Dalam Menyampaikan Materi Dakwah Pada Program Acara Live Streaming “Mutiara Pagi” Di RRI Madiun. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, S. H. I. M. A.

Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Da’i, Materi Dakwah.

Komunikasi merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan manusia. Gaya komunikasi da’i dalam program acara “Mutiara Pagi” di RRI Madiun sangat mempengaruhi jalannya penyampaian materi saat live streaming berlangsung, maka gaya komunikasi masing-masing da’i sangat diperhatikan guna nantinya menjadi gaya tarik simpati bagi mad’u dalam proses penyampaian materi. Cara masing-masing da’i menarik simpati mad’u pun berbeda-beda, sehingga hal tersebut menjadi warna dan daya tarik bagi mad’u dalam proses penyampaian materi dakwah dalam program acara live streaming di RRI Madiun. Objek penelitian ini adalah para da’i yang mengisi materi dakwah dalam program acara live streaming “Mutiara Pagi” di RRI Madiun. Peneliti mengambil ini sebagai alasan untuk meneliti gaya komunikasi dan upaya apa saja yang diterapkan oleh masing-masing da’i untuk menarik simpati mad’u pada saat mengisi materi dakwah dalam program acara live streaming “Mutiara Pagi” di RRI Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bentuk gaya komunikasi yang diterapkan oleh masing-masing da’i yang mengisi materi dakwah dalam program acara live streaming “Mutiara Pagi” di RRI Madiun, mengenali upaya apa saja yang dilakukan oleh pada da’i untuk menarik simpati mad’u pada saat penyampaian materi dakwah berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil yang didapatkan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah Gaya komunikasi yang dominan digunakan da’i ketika menyampaikan materi dakwah meliputi Gaya Penataan (The Structuring Style), Gaya Dinamis (The Dynamic Style), dan Gaya Melepaskan (The Requishing Style) lebih banyak digunakan. Gaya komunikasi yang digunakan oleh da’i untuk menarik simpati mad’u yang dominan digunakan ada tiga, meliputi Gaya Berkesan (Impression Style) seperti memberi kesan agar mudah diingat oleh mad’u, Gaya Atentif (Attentive Style) seperti memberikan perhatian penuh kepada mad’u atau memberi simpati bahkan empati, dan Gaya Santai (Relaxed Style) seperti mampu bersikap positif dan saling mendukung terhadap orang lain. Dari beberapa gaya komunikasi yang digunakan sebagai upaya da’i menarik simpati mad’u bisa di terima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:23
Last Modified: 09 Nov 2023 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25873

Actions (login required)

View Item View Item