..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs An-Najiyyah Lengkong Ponorogo

Safriani, Lia (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs An-Najiyyah Lengkong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190041_LIA SAFRIANI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia menempati peringkat ke-57 dimana jauh tertinggal dari Negara di Asia Tenggara untuk itu dibutuhkan sebuah manajemen peserta didik yang memiliki manfaat penting bagi peserta didik, tidak hanya untuk memastikan hak-hak mereka dalam menempuh pendidikan, tetapi juga untuk meningkatkan hasil belajar. Jika hak-hak pendidikan terpenuhi, peserta didik dapat dengan mudah meningkatkan potensi dalam dirinya, terutama dalam hal hasil belajar. Kurangnya partisipasi dan keaktifan siswa dapat menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh guru dan berdampak pada hasil belajar siswa yang menurun. Untuk itu manajemen peserta didik berguna untuk mengelola dan merangsang seluruh potensi yang ada di diri peserta didik terutama dalam meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Hasil dari penelitian ini diperoleh data bahwa: (1) Perencanaan peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar yaitu dengan mengacu pada RKTM (Rencana Kerja Tahunan Madrasah) dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pendidikan) dengan membentuk tim PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), rekrutmen peserta didik, pengenalan lingkungan sekolah, pembinaan peserta didik berupa perencanaan program pembelajaran sampai evaluasi peserta didik. (2) Pembinaan peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui program penerapan belajar efektif dengan menggunakan metode yang bervariasi yaitu metode mind mapping, diskusi, tanya jawab dan ceramah, program melatih siswa presentasi materi belajar dan program bina prestasi yang mencakup akademik dan non-akademik (3) Evaluasi peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan ulangan harian, penilaian akhir semester, dan kegiatan LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) yang dilakukan siswa ke tenaga pendidik masing-masing mata pelajaran berupa mengerjakan tugas atau soal yang ada di LKS, hasil evaluasi hasil belajar dapat berupa siswa yang memahami materi belajar dan mendapatkan nilai stabil diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sedangkan hasil evaluasi bina prestasi dapat berupa tes atau tanya jawab untuk melihat pemahaman siswa terhadap materi dan mendapatkan pencapaian berupa prestasi dalam mengikuti perlombaan dan untuk siswa yang tidak memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) akan diberikan remedial, penugasan ataupun materi tambahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:20
Last Modified: 09 Nov 2023 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25869

Actions (login required)

View Item View Item