..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru di MTs Darul Muna Jenes Ponorogo

Nur Mahmudi, Ali (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru di MTs Darul Muna Jenes Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ALI NUR MAHMUDI 206190001.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Mahmudi, Ali Nur. 2023. Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru di MTs Darul Muna Jenes Ponorogo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Abdul Kholiq, MBA.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Minat Peserta Didik
Untuk menarik peserta didik agar berminat sekolah ke suatu lembaga yaitu melaksanakan strategi pemasaran sekolah yang baik dan tepat. Salah satu bentuk strategi pemasaran khususnya di lembaga pendidikan yaitu penggunaan metode bauran pemasaran, dimana menggunakan metode ini dapat mendukung dalam memasarkan atau mempromosikan suatu produk untuk menarik minat konsumen. Strategi pemasaran ini sangat tepat dapat menjadi sebuah trobosan baru bagi sekolah dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran sekolah dalam menarik minat peserta didik baru di MTs Darul Muna Jenes Ponorogo yang meliputi (1) bentuk strategi pemasaran lembaga pendidikan dalam menarik minat peserta didik baru, (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pemasaran, (3) serta hasil penerapan strategi pemasaran lembaga pendidikan dalam menarik minat peserta didik baru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang mana data yang digunakan dikumpulkan dengan cara wawancara, catatan lapangan, gambaran-gambaran dengan harapan untuk memperoleh data yang lebih akurat. Maka dari itu peneliti dalam melaksanakan penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun narasumber pada penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Waka Humas, Siswa, dan wali siswa. Kemudian data hasil penelitian ini dianalisis data yang yang menggunakan model analisa Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan menyimpulkan bahwa : (1) Strategi pemasaran sekolah di MTs Darul Muna yaitu menggunakan 5 strategi dalam konsep bauran pemasaran yaitu adanya progam unggulan serta extrakurikuler dalam produk yang dimiliki MTs Darul Muna, SPP yang tidak terlalu mahal karena tidak adanya uang gedung, lokasi yang strategis berada ditengah kota, penggunaan seluruh media baik media cetak dan media online sebagai alat penyebaran informasi,terdapat bukti fisik utama dan pendukung seperti adanya sarana prasarana yang ada. (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pemasaran, yaitu pendukung diantaranya terdapat progam unggulan, tempat yang strategis, di dalam lingkup pondok pesantren, terdapat ekstrakurikuler yang beragam, biaya sekolah yang terjangkau. Serta faktor penghambat diantaranya fasilitas yang masih banyak kekurangan, kurangnya tenaga pengajar yang unggul, kurangnya dana operasional. (3) Hasil penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan minat peserta didik di MTs Darul Muna, yaitu rata-rata para murid disini mempunyai perasaan tertarik dengan adanya progam unggulan Tahfidzul Qur’an, selain itu membuat perasaan senang karena adanya pondok pesantren, dan akhirnya mereka menjadi perhatian terhadap MTs Darul Muna yang mendapatkan informasi dari brosur yang telah ada, sehingga para murid menentukan sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:18
Last Modified: 09 Nov 2023 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25867

Actions (login required)

View Item View Item