Efektivitas Metode Muraja'ah dalam Meningkatkan Hafalan al-Qur'an Santri di Pondok Pesantren KH. Syamsuddin Durisawo Ponorogo Tahun 2023

Hidayah, Dian (2023) Efektivitas Metode Muraja'ah dalam Meningkatkan Hafalan al-Qur'an Santri di Pondok Pesantren KH. Syamsuddin Durisawo Ponorogo Tahun 2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Dian H_Uploud Etheses.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hafalan al-Qur’an merupakan kegiatan atau aktivitas yang relatif sangat sulit, dibandingkan dengan membaca dan memahami. Di dalam kegiatan menghafal ini ada metode muraja’ah yang digunakan untuk menjaga hafalan dan juga meningkatkan hafalan. Efektivitas dalam menghafal dan muraja’ah itu sangat mempengaruhi tingkat kelancaran hafalan seseorang. Adapun upaya yang dilakukan melalui muraja’ah dengan menghafal dan muraja’ah setelah menghafal, muraja’ah ketika menghafal itu digunakan bagi santri yang belum khatam menghafal secara bil-ghoib, sedangkan muraja’ah setelah menghafal digunakan bagi mereka yang sudah menyelesikan hafalan secara bil-ghoib, dengan upaya ini berguna dalam meningkatkan efektivitas kegiatan menghafal santri. Dengan demikian sangatlah penting kegitan ini untuk diteliti apakah metode yang digunakan itu efektif dalam meningkatkan hafalan santri di Pondok Pesantren KH. Syamsuddin Durisawo Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pelaksanaan hafalan santri dalam menambah hafalan baru (2) menjelaskan efektivitas metode muraja'ah dalam meningkatkan hafalan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode diskriptif kualitatif, dengan cara pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Data diuji keabsahannya dengan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kegiatan menghafal santri di Pondok pesantren KH. Syamsuddin itu menggunakan bin-nadzor, tahfidz, talaqqi dan tasmi’, target hafalan dengan cara one day one page. Cara tersebut di gunakan untuk menambah hafalan santri. (2) Metode muraja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan di Pondok Pesantren KH. Syamsuddin ini sudah efektif. Efektivitas tersebut dilihat dari indikator yaitu tajwid, fashohah dan juga kelancaran dalam meghafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju' Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:17
Last Modified: 09 Nov 2023 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25865

Actions (login required)

View Item View Item