..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS,UPLOAD ULANG).. Analisis Qard Terhadap Praktik Jasa Simpan Pinjam Andilan (Studi Kasus Di Kelompok Tani Mekar Sari Desa Bareng Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo)

Adibah, Umulatifah Prizka Ayu Nur (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS,UPLOAD ULANG).. Analisis Qard Terhadap Praktik Jasa Simpan Pinjam Andilan (Studi Kasus Di Kelompok Tani Mekar Sari Desa Bareng Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190178_UMULATIFAH PRIZKA AYU NUR ADIBAH_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Adibah,Umulatifah Prizka Ayu Nur. 2023. Tinjauan Qarḍ Terhadap Praktik Jasa Simpan Pinjam Andilan (Studi Kasus Di Kelompok Tani Mekar Sari Desa Bareng Babadan Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Novi Fitia Maliha,M.H.I.
Kata Kunci/Keyword: Qarḍ, pinjaman andilan, tambahan jasa.
Qarḍ merupakan salah satu akad tolong menolong, yakni dengan cara meminjamkan harta kepada orang lain untuk dimanfaatkan dan kemudian orang yang diberi pinjaman tersebut mengemembalikan harta yang dipinjam sesuai nilai yang dipinjam. Akan tetapi dalam praktik simpan pinjam andilan Kelompok Tani Mekar Sari yang ada di Desa Bareng, terdapat potongan jasa di awal, menyebabakan jumlah uang yang dipinjam dan ketika mengembalikan nilainya berbeda. Selain itu hasil dari potongan jasa tersebut juga disalurkan kembali untuk dijadikan tambahan modal pinjaman kelompok tani tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana praktik jasa Kelompok Tani Mekar Sari Desa Bareng (2) Bagaimana tinjauan qarḍ terhadap jasa simpan pinjam andilan yang dipinjamkan kembali pada Kelompok Tani Mekar Sari Desa Bareng?.
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Simpan pinjam andilan kelompok tani Mekar Sari termasuk dalam akad utang-piutang (qarḍ) karena adanya pihak yang meminjam dan juga pemberi pinjaman. (2) Berdasarkan tinjauan qarḍ hasil potongan jasa yang dipinjamkan kembali berdasarkan pendapat beberapa ulama kontemporer adalah boleh karena para ulama tersebut beranggapan bahwa potongan jasa dalam simpan pinjam bukanlah riba dan merupakan bentuk dari bagi hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:50
Last Modified: 08 Nov 2023 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25864

Actions (login required)

View Item View Item