DISPENSASI NIKAH DALAM PERSPEKTIF MAQA>S}ID SYARIAH (STUDI PADA MASYARAKAT KECAMATAN PUDAK KABUPATEN PONOROGO)

Sholikhah, Siska Mar'atus (2023) DISPENSASI NIKAH DALAM PERSPEKTIF MAQA>S}ID SYARIAH (STUDI PADA MASYARAKAT KECAMATAN PUDAK KABUPATEN PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Upload E-Thesis Fikss Poll.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sholikhah, Siska Mar’atus. 2023. Dispensasi Nikah Dalam Perspektif Maqa>s}id Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Khotifatul Defi Novitasari, S.H., M.H.
Kata Kunci: Dispensasi Nikah, Maqa>s}id Syariah
Di kabupaten Ponorogo perkara permohonan dispensasi nikah dipastikan meningkat secara signifikan setelah diberlakukannya Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019. Di Kecamatan Pudak perkara permohonan dispensasi nikah juga meningkat pada tahun 2022 yaitu 14 perkara dibandingkan tahun 2021 (9) perkara dan tahun 2020 (5) perkara. Jika melihat perkara permohonan dispensasi nikah pada tahun 2019 yakni 13 perkara, pada tahun 2020-2021 perkara dispensasi nikah di Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo mengalami penurunan kemudian meningkat lagi pada tahun 2022. Data permohonan dispensasi nikah di Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, berkontribusi sebesar 40% dalam menyebabkan angka stunting mencapai tingkat tertinggi. Mayoritas faktor penyebabnya adalah karena ibu menikah pada usia yang belum sesuai dengan ketentuan Undang-Undang. Undang-undang batas usia pernikahan didasarkan pada prinsip-prinsip maqa>s}id syariah, yang bertujuan meraih kemashlahatan dan menjauhi kemudharatan. Prinsip ini bertujuan melindungi kepentingan dan hak-hak individu, terutama perempuan, serta memastikan pernikahan terjadi dalam kondisi yang sehat, mendukung kesejahteraan keluarga dan masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tinjauan Maqa>s}id Syariah terhadap faktor yang melatarbelakangi diberikannya dispensasi nikah pada masyarakat Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo? 2) Bagaimana tinjauan Maqa>s}id Syariah terhadap dampak diberikannya dispensasi nikah pada masyarakat Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo?.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan empat langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data.
Hasil dari penelitian ini adalah: faktor yang melatarbelakangi diberikannya dispensasi nikah adalah calon istri sudah dalam keadaan hamil termasuk hifdz al-nasab, calon suami dan istri telah berhubungan erat dalam waktu yang lama sehingga dikhawatirkan terjadi perzinahan termasuk hifdz al-nasl dan calon suami dianggap sudah siap baik secara fisik maupun mental untuk diberi tanggungjawab meskipun usianya belum cukup termasuk hifdz al-aql. Dampak diberikannya dispensasi nikah terbagi dalam beberapa bidang yakni dampak hukum, bidang ekonomi, dampak terhadap kesehatan ibu dan anak, bidang psikologi dan bidang pendidikan. Jika dikaitkan dengan teori maqa>s}id syariah akan bertentangan dengan tujuannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khotifatul Defi Nofitasari
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:42
Last Modified: 08 Nov 2023 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25861

Actions (login required)

View Item View Item