Strategi Bauran Promosi Dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri 1 Pudak

Setiani, Luluk Sri (2023) Strategi Bauran Promosi Dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri 1 Pudak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190097_Luluk Sri Setiani_ MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Setiani, Luluk Sri, 2023 “Stategi Bauran Promosi dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Negeri 1 Pudak.” Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Aris Nurbawani, M.M.

Kata Kunci: Strategi, Promosi, Peningkatan Penerimaan Peserta Didik
Strategi promosi berupaya meningkatkan kesadaran kepada masyarakat terhadap produk sekolah, meningkatkan minat masyarakat tentang produk sekolah, serta meningkatkan nilai tambah yang diterima masyarakat atas produk yang disediakan sekolah di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan strategi bauran promosi dalam peningkatan penerimaan peserta didik baru di SMP Negeri 1 Pudak, (2) Implementasi strategi bauran promosi dalam peningkatan penerimaan peserta didik baru di SMP Negeri 1 Pudak (3) Evaluasi strategi bauran promosi dalam peningkatan penerimaan peserta didik baru di SMP Negeri 1 Pudak.
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Pudak Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisa dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan strategi bauran promosi dalam peningkatan penerimaan peserta didik baru yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 1 pudak meliputi beberapa tahap. Tahap pertama yaitu analsis kebutuhan mengenai langkah-langkah Promosi sekolah. Tahap kedua yaitu penyusunan program yang berkaitan dengan SMP Negeri 1 pudak. Tahap ketiga yaitu pembentukan panitia. (2) Pelaksanaan strategi bauran promosi dalam penerimaan peserta didik baru di SMP Negeri 1 pudak diantara menggunakan 4 bauran promosi yaitu: a) periklanan dengan menyebarkan brosur, spanduk dan media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook dan Website. b) personal selling dengan memberikan pelayanan yang baik kepada calon siswa dan masyarakat yang datang langsung ke sekolah ataupun merespon secara online melalui media sosial sehingga dapat memberikan informasi yang mereka butuhkan. c) publisitas/hubungan masyarakat yang dilakukan yaitu mengadakan kegiatan lomba sebagai ajang kompetisi dalam bidang MHQ/MQK, pidato, serta karya tulis ilmiah siswa SD/ MI tingkat nasional pada tahun 2022. d) sales promotion yang dilakukan ialah Memberikan diskon kepada pendaftar pertama yang melakukan pendaftaran di SMP Negeri 1 Pudak dengan diskon SPP sebesar 50%, beasiswa kepada siswa yang sudah hafal juz 30 dan beasiswa kepada sisiwa kurang mampu. (3) Evaluasi strategi bauran promosi dalam penerimaan peserta didik baru di SMP Negeri 1 Pudak yaitu mampu untuk mewujudkan pelayanan PPDB yang lebih, efektif, dan efisien kepada masyarakat, tidak ada kesulitan menyusun Juknis PPDB sesuai jadwal Kemdikbud.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:38
Last Modified: 08 Nov 2023 01:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25860

Actions (login required)

View Item View Item