Peran Ganda Suami Dan Istri Dalam Pernikahan Di Kalangan Mahasiswa Strata-1 (Studi Kasus Di IAIN Ponorogo Dan UNMUH Ponorogo

HAKIM, MUHAMMAD FIKRI (2023) Peran Ganda Suami Dan Istri Dalam Pernikahan Di Kalangan Mahasiswa Strata-1 (Studi Kasus Di IAIN Ponorogo Dan UNMUH Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
101190152_MUHAMMAD FIKRI HAKIM_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hakim, Muhammad Fikri. 2023. Peran Ganda Suami dan Istri Dalam Pernikahan di Kalangan Mahasiswa Strata-1 (Studi Kasus di IAIN Ponorogo dan UNMUH Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syari’ah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Anis Hidayatul Imtihanah, M.H.I.
Kata Kunci: Pernikahan, Peran Ganda, Psikologi Keluarga Islam.
Peran ganda dalam pernikahan adalah suami istri yang memiliki karier masing-masing di luar rumah tangga mereka, sehingga setiap pasangan suami istri memiliki dua kewajiban atau dua peran di tempat yang berbeda, di luar rumah mereka menjalankan karier masing-masing tetapi dalam rumah tangga mereka menjalankan kewajiban sebagai suami istri pada umumnya. Konflik peran ganda suatu bentuk konflik peran di mana tekanan-tekanan dari pekerjaan dan keluarga, saling tidak cocok. Konflik peran ganda merupakan konflik peran yang muncul antara harapan dari dua peran yang berbeda yang dimiliki oleh seseorang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Ditinjau psikologi keluarga Islam terhadap fenomena peran ganda istri dalam pernikahan di kalangan mahasiswa strata-1 di IAIN Ponorogo dan UNMUH Ponorogo; serta (2) penyelesaian konflik peran ganda dalam pernikahan di kalangan mahasiswa strata-1 di Institut Agama Islam Negeri Ponorogo dan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan bentuk penelitian yang dikembangkan dari teori Bogdan dan Taylor yang dikutip oleh Lexy.J. Moleong, pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, serta instrument wawancara. Partisipan penelitian berasal dari 5 (lima) pasangan suami istri yang berkuliah di IAIN Ponorogo dan UNMUH Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian di analisis di awali dari penjabaran hasil wawancara yang kemudian di rekonstruksikan menggunakan penelitian kualitatif untuk menghasilkan jawaban dan pembahasan yang konkrit.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Dapat disimpulkan bahwa pada fenomena peran ganda istri dalam pernikahan yang ditinjau dengan psikologi keluarga islam adalah istri yang menjalankan dua peran sekaligus dengan mempelajari, mengetahui, dan memahami karakteristik terhadap peran ganda istri dalam pernikahan; (2) Dapat disimpulkan penyelesaian konflik peran ganda suami dan istri dalam pernikahan yaitu menyelesaikan suatu permasalahan dengan mempelajari, mengetahui, serta memahami karakteristik suami dan istri agar dapat menyelesaikan konflik peran ganda dengan cara membentuk keluarga yang sakinah. Dengan begitu, peran ganda suami dan istri dalam pernikahan tidak bisa dihindari apabila kedua pasangan tersebut memiliki dua peran yang berbeda dan mereka harus mampu mengondisikan serta menyesuaikan keadaan dan waktu ketika di dunia pekerjaan, rumah tangga, maupun perkuliahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Hidayatul Imtihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:00
Last Modified: 07 Nov 2023 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25852

Actions (login required)

View Item View Item