PENYELESAIAN SENGKETA WAKAF MUSHOLA AL-HASAN DI DESA KARANGGEBANG KECAMATAN JETIS KABUPATEN PONOROGO

Fauzi, Ahmad Fuad (2023) PENYELESAIAN SENGKETA WAKAF MUSHOLA AL-HASAN DI DESA KARANGGEBANG KECAMATAN JETIS KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Upload - Thesis AhmadFuad.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fauzi, Ahmad Fuad, 2023. Penyelesaian Sengketa Wakaf Mushola Al-Hasan di Desa Karanggebang Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Achmad Baihaqi, M.H.

Kata Kunci/Keyword: Kedudukan Tanah Wakaf, Sengketa Tanah Wakaf

Salah satu lembaga yang dianjurkan oleh ajaran agama Islam untuk dipergunakan oleh seseorang sebagai sarana penyalur rezeki yang diberikan oleh Allah Swt adalah wakaf. Agar praktik perwakafan yang dilakukan menjadi sah menurut hukum Islam dan hukum positif, maka rukun dan syarat sahnya dalam wakaf harus terpenuhi. Meskipun rukun dan syarat sahnya wakaf sudah terpenuhi, tidak menutup kemungkinan masih bisa terjadi suatu sengketa atau permasalahan. Permasalahan yang sering terjadi yaitu harta yang telah diwakafkan dijadikan jaminan oleh ahli waris waqif. Seperti sengketa tanah wakaf mushola Al Hasan Di Desa Karanggebang Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif terkait kedudukan tanah wakaf mushola Al-Hasan Di Desa Karanggebang Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo? Bagaimana tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif terhadap penyelesaian sengketa tanah wakaf Mushola Al-Hasan Di Desa Karanggebang Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan empat langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data.
Hasil dari penelitian ini adalah : Penelitian mengenai kedudukan tanah wakaf mushola Al Hasan Desa Karanggebang Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo sudah sesuai dengan hukum Islam karena rukun dan syarat sahnya wakaf sudah terpenuhi, akan tetapi menurut hukum positif tidak sesuai, karena wakif telah meninggal dunia sebelum melakukan ikrar wakaf di hadapan PPAIW dan tanah wakaf masih berstatus perorangan. Upaya penyelesaian sengketa tanah wakaf di Desa Karanggebang telah dilakukan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Pasal 62, proses penyelesaian dimulai dengan musyawarah untuk mencapai mufakat, dan jika musyawarah tidak berhasil, dapat dilakukan mediasi, arbitrase, atau pengajuan ke Pengadilan, namun, hingga saat ini, penyelesaian belum tercapai karena salah satu pihak ahli waris waqif masih mempertahankan kepemilikan tanah wakaf, oleh karena itu, diperlukan proses hukum di Pengadilan untuk mencari keputusan yang adil dan sesuai hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Baihaqi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:47
Last Modified: 07 Nov 2023 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25849

Actions (login required)

View Item View Item