Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Investasi Hewan Qurban di Berkah Mendosari Farm Desa Josari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo

Seto Aji, Muhammad Bayu (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Investasi Hewan Qurban di Berkah Mendosari Farm Desa Josari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI .pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini dalam mencukupi kebutuhan hidup terdapat banyak sekali praktik muamalah yang diterapkan oleh masyarakat. Salah satu praktik muamalah yang marak dilakukan di masyarakat tentang perkongsian modal dalam kerjasama atau bisa disebut dengan Mud}a>rabah. Mud}a>rabah merupakan suatu kerjasama antara pihak pemberi modal dengan pihak pengelola modal guna untuk mendapatkan sebuah keuntungan yang akan dibagi sesuai dengan proporsi bagi hasil yang disepakati bersama. Jika terdapat kerugian diluar kelalaian pengelola maka pihak pemodal yang menanggung kerugian tersebut. namun dalam praktik investasi hewan qurban di berkah mendosari farm pihak pengelola modallah yang menanggung terhadap kerugian dari kerjasama tersebut. adapun bagi hasil diambilkan dari jumlah modal yang diberikan pihak pemodal.
Adapun rumusan masalah dari latar belakang tersebut yaitu 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad Mud}a>rabah dalam praktik investasi hewan qurban di Berkah Mendosari Farm di desa Josari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik bagi hasil Mud}a>rabah investasi hewan qurban di Berkah Mendosri farm.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis data penulis menggunakan metode deduktif yaitu penggunaan data yang diawali dengan membahas teori-teori yang bersifat umum kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik investasi yang dilakukan oleh peternakan Berkah Mendosari Farm menggunakan Akad Mud}a>rabah muqayyadah, karena terdapat pembatasan waktu dan jenis usaha yang dilakukan. Namun dalam praktiknya belum sesuai dengan prinsip Mud}a>rabah muqayyadah tersebut. karena dalam ganti rugi pemilik membebankan kerugian kepada si pengelola dan pekerja. Adapun dalam proses pembagian bagi hasil investasi hewan qurban di Berkah Mendosari Farm belum sesuai dengan konsep bagi hasil diamana dalam pengambilan bagi hasil diambilkan dari jumlah modal yang disetorkan oleh investor dengan demikian bagi hasil yang dibagikan bisa dihitung sebelum dilakukannya akad.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:19
Last Modified: 06 Nov 2023 01:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25838

Actions (login required)

View Item View Item