Tinjauan Muḍārabah Terhadap Pelaksanaan Kerja Sama Barbershop Click Di Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan

Asfiya', M. Adin (2023) Tinjauan Muḍārabah Terhadap Pelaksanaan Kerja Sama Barbershop Click Di Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
M Adin Asfiya 102190131 - SKRIPSI FULL (1).pdf

Download (637kB)

Abstract

Barbershop Click merupakan salah satu usaha di Pacitan yang bergerak di bidang pelayanan jasa usaha seperti potong rambut, semir rambut, pijat kepala, cuci rambut dan pewarna rambut. Sistem bagi hasil pada usaha ini dilakukan oleh dua pihak yaitu pemilik modal dengan pengelola modal dimana sistem pembayarannya menggunakan akad muḍārabah dan penghitungan nisbah keuntungannya dilakukan setiap satu bulan sekali. Kedua belah pihak saling bekerja sama, pemilik modal menyediakan modalnya berupa tempat dan alat-alat yang dibutuhkan Barbershop, sedangkan pengelola modal, mengelola modal yang telah disediakan pemilik modal. Mereka akan mendapatkan keuntungan masing-masing dari kerjasama bagi hasil pada usaha ini. Dalam kerja sama muḍārabah, menurut kesepakatan ulama pada saat terjadi kerugian atau kerusakan yang bertanggung jawab adalah pihak pemilik modal selama kerugian itu bukan akibat dari kelalaian ataupun kecurangan yang disebabkan oleh pengelola. Namun pada kenyataan yang terjadi dalam kerja sama di Barbershop Click pihak pengelola juga ikut menanggung kerugian ataupun kerusakan di dalam babershop tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan muḍārabah terhadap akad kerja sama pada usaha Barbershop Click di Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan? Bagaimana tinjauan muḍārabah terhadap penyelesaian sengketa antara pemilik usaha dengan pengelola usaha pada usaha Barbershop Click di Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan?
Study penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif berdasarkan pada pengamatan obyektif partisipatif suatu fenomena sosial yang ada.
Bentuk akad bagi hasil yang dilakukan oleh usaha Barbershop Click ini belum sepenuhnya sesuai dengan konsep muḍārabah. Bahwasannya mengenai rukun dan syarat yang ada di usaha Barbershop Click ini sudah terpenuhi, namun terkait pembebanan kerugian belum sesuai dengan konsep muḍārabah karena pihak pengelola juga ikut menanggung atas kerugian tersebut dan masih perlu diperhatikan lagi. Sehingga tidak menyebabkan kesalahpahaman atau perselisihan yang dapat mengganggu terpenuhinya hak dan kewajiban masing- masing dan mengenai langkah-langkah penyelesaian sengketa di usaha Barbershop Click di Desa Bungur Kecamatan Tulakan dilakukan dengan cara musyawarah, hal ini sudah sesuai dengan konsep muḍārabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rooza Meilia Anggraini
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:20
Last Modified: 06 Nov 2023 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25835

Actions (login required)

View Item View Item