pengaruh promosi cashback, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap minat penggunaan fitur pembayaran e-wallet shopeepay pada mahasiswa institut agama islam negeri ponorogo

Az-Zahra, Fadila Umi (2023) pengaruh promosi cashback, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap minat penggunaan fitur pembayaran e-wallet shopeepay pada mahasiswa institut agama islam negeri ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190250 FADILA UMI AZ-ZAHRA.pdf

Download (952kB)

Abstract

Az-Zahra, Fadila Umi. Pengaruh Promosi Cashback, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan Fitur Pembayaran E-Wallet ShopeePay Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Skripsi 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci: Promosi, Cashback, Kemudahan, Manfaat, Minat, e-wallet, ShopeePay.
Seiring perkembangan teknologi dapat mengakibatkan dampak yang terdapat segi positif bagi perekonomian Indonesia, yakni perubahan pada sistem pembayaran. ShopeePay ialah sebuah merek e-wallet yang kerap dipergunakan oleh masyarakat Indonesia dalam bertransaksi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat ketidakstabilan antara promosi cashback yang menguntungkan, kemudahan yang memudahkan dan manfaat yang banyak. Minat penggunaan fitur pembayaran e-wallet ShopeePay meningkat apabila Promosi cashback yang dikelurkan tinggi sehinnga menimbulkan persepsi kemudahan dan persepsi manfaat yang besar. Penelitian ini berjudul Pengaruh Promosi Cashback, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan Fitur Pembayaran E-Wallet ShopeePay Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adanya pengaruh promosi cashback, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap minat penggunaan fitur pembayaran e-wallet ShopeePay pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yaitu Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25. Analisis yang dipakai yaitu uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terjadi antara Promosi cashback berpengaruh negatif, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat sercara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan e-wallet ShopeePay pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ponorogo dengan variabilitas atau variasi dari minat penggunaan sebesar 73,9% dan sisanya 26,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:15
Last Modified: 06 Nov 2023 01:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25833

Actions (login required)

View Item View Item