Konsep Sabar Dan Shalat Dalam Prespektif Tafsir Al-Misbah Sebagai Self-Healing

Qasanah, Anistiawati Bulandari (2023) Konsep Sabar Dan Shalat Dalam Prespektif Tafsir Al-Misbah Sebagai Self-Healing. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Anistiawati_Skripsi_PDF_wtem.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Kata Kunci: Sabar dan Shalat, Tafsir Al-Misbah, Self-Healing
Era modernisasi telah merambah ke semua sektor dan aspek kehidupan masyarakat yang berdampak pada perubahan perilaku, gaya hidup dan lingkungan sosial masyarakat. Pengaruh dari perubahan sosial ini berimbas terhadap kondisi kesehatan mental masyarakat yang mana mengakibatkan terjadinya gangguan terhadap kesehatan mental masyarakat. Pada fenomena kali ini penulis menawarkan sabar dan shalat sebagai penyambuhan dalam membantu menangani permasalahan tersebut. Dengan adanya fenomena ini, penulis mencoba menelitinya dengan menganalisis konsep sabar dan shalat sebagai self-healing serta menganalisa ayat-ayat al-Qur’an tentang sabar dan shalat perspektif tafsir al-Mishbah.
Adapun penulis menggunakan metode tafsir Maudhu’i atau tematik dengan menggunakan perspektif kitab tafsir al-Mishbah karya Muhammad Quraish Shihab. Kemudian jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menganalisis teks-teks atau dokumen dari buku, jurnal, makalah dan sumber-sumber lainnya.
Hasil dari penelitian ini pertama, mengungkapkan bahwa konsep sabar dan shalat sebagai self-healing adalah proses penyembuhan yang membantu dalam mental health baik secara fisik maupun secara psikis, dimana keduanya memberi banyak manfaat terhadap kehidupan masyarakat berupa ketenangan jiwa yang membantu memperbaiki pikiran negatif dan membangun kepercayaan diri, sumber keimanan dan ketentraman yang membantu memperkuat keyakinan dan mendekatkan diri terhadap Allah, dan terapi kegelisahan dan pemberi solusi dalam menghadapi masalah. Yang kedua, berdasarkan penafsiran Quraish Shihab dalam tafsir al-Mishbah terkait sabar dan shalat pada surah al Baqarah ayat 45-46, Lukman ayat 17 dan al Ma’arij ayat 19-23 dan lainnya bahwasanya ayat tersebut mencapai makna bahwa sabar dan shalat menjadi sumber pertolongan dan solusi dalam menghadapi masalah, sebagai terapi dalam menghadapi kegelisahan dan juga sebagai puncaknya daripada amal sholeh serta tidak lupa untuk selalu mengerjakan amar makruf nahi mungkar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Faruq Thohir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:30
Last Modified: 06 Nov 2023 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25828

Actions (login required)

View Item View Item