..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Seni Musik Menurut Ziauddin Sardar Dalam Buku Reading The Qur’an

Fibria, Merlyan Milania (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Seni Musik Menurut Ziauddin Sardar Dalam Buku Reading The Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
seni musik menurut ziauddin sardar dalam buku reading the qur'an.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Fibria, Merlyan Milania. 2023. Seni Musik Menurut Ziauddin Sardar dalam Buku Reading The Qur’an, Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Irfan Riyadi, M.Ag.
Kata Kunci: Seni Musik, Ziauddin Sardar, Reading The Qur’an.

Di kalangan masyarakat, seni musik memiliki pengaruh yang cukup kuat, sehingga membuat banyak ulama tergerak untuk mengawasi perkembangan yang terjadi dalam dunia musik yang mengakibatkan timbulnya berbagai pendapat pro dan kontra terkait hukum musik itu sendiri. Dalam hal ini, didasari pada perbedaan cara pandang ulama dalam melihat musik dari berbagai perspektif seperti al-Qur’an, h}adi>th, sosial, budaya. terlepas dari berbagai pendapat tersebut, penulis bermaksud mengungkap seni musik Menurut Ziauddin Sardar seorang tokoh filsuf muslim era kontemporer dalam bukunya Reading the Qur'an dengan menyajikan data-data berkaitan dengan seni musik yang telah diperoleh kemudian dianalisis makna yang terdapat dalam data-data tersebut dengan menggunakan pendekatan hermeneutika Paul Ricoeur dan menarik kesimpulan atau arti yang dimaksud dengan menggunakan pendekatan heuristik.
Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan kajian pada tiga rumusan masalah, yakni bagaimana makna seni musik menurut Ziauddin Sardar, bagaimana analisis hermeneutika Paul Ricoeur terhadap seni musik dalam buku Reading the Qur’an, dan bagaimana aktualisasi makna seni musik menurut konsep Ziauddin Sardar bagi generasi milenial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Makna seni musik menurut Ziauddin Sardar: pertama, musik merupakan alat untuk memuji. Kedua, musik adalah karakter asli dari agama. Ketiga, Perbedaan hukum musik ditentukan oleh perbedaan pandangan ulama. Pada analisis hermeneutika Paul Ricoeur terhadap seni musik dalam buku Reading The Qur’an ditemukan dalam 3 poin: pertama, Al-Qur’an tidak menyebutkan seni musik secara spesifik. Kedua, representasi ayat tentang musik menurut Ziauddin Sardar. Ketiga, tren musik dan kaitannya dengan pernyataan Ziauddin Sardar. Pada pembahasan terkait dengan aktualisasi makna seni musik menurut Ziauddin Sardar bagi generasi milenial ditemukan dalam 3 poin yakni: pertama, musik merupakan bagian dari dakwah. Kedua, perbedaan pandangan ulama terhadap musik dipengaruhi oleh perbedaan fiqih. Ketiga, musik adalah keindahan yang lebih dekat dengan kebaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:25
Last Modified: 06 Nov 2023 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25826

Actions (login required)

View Item View Item