..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Pemberitaan Vonis Hukuman Kasus Kekerasan Seksual Di Pondok Pesantren Shiddiqiyyah Jombang Pada Media Online Kompas.Com

Farida, Dewi Istiqomah (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Pemberitaan Vonis Hukuman Kasus Kekerasan Seksual Di Pondok Pesantren Shiddiqiyyah Jombang Pada Media Online Kompas.Com. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI DEWI ISTIQOMAH KPI.docx

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Farida, Dewi Istiqomah. 2023 Pemberitaan Vonis Hukuman Kasus Kekerasan Seksual Di Pondok Pesantren Shiddiqiyyah Jombang Pada Media Online Kompas.com (studi analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki), Skripsi Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Munir, M.Ag.
Kata KunciFraming, Vonis Hukuman, Kompas.com
Fenomena kasus kekerasan seksual di lingkungan Pendidikan Agama saat ini menjadi perhatian khalayak umum. Salah satu kasus yang menjadi perhatian yakni yang terjadi di Pondok Pesantren Shidiqiyyah, Jombang. Kasus tersebut sudah banyak diberitakan oleh media di Indonesia termasuk media online Kompas.com, mulai dari kasus dugaan hingga mencapai tahap sidang vonis hukuman. Penelitian ini meneliti lima berita dari media online Kompas.com tentang pemberitaan vonis hukuman kasus kekerasan seksual di pondok pesantren Shiddiqiyyah, Jomban. Adapun tujuan serta rumusan masalah dalam penelitian ini yakni, Bagaimana media online Kompas.com menggunakan struktur framing (sintaksis, skrip, tematik, retoris).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan empat struktur yaitu, sintaksis, skrip, tematik, dan retoris.
Hasil dari penelitian ini adalah (1). Struktur Sintaksis, media Kompas.com berusaha memperlihatkan peristiwa yang terjadi setelah vonis hukumam dijatuhkan kepada pelaku kekerasan seksual. (2). Struktur Skrip media Kompas.com berusaha membingkai fakta serta upaya korban selama memperjuangkan keadilan bagi korban. (3). Struktur Tematik media Kompas.com menunjukkan bahwa vonis yang dijatuhkan tidak sesuai dengan harapan korban. (4). Struktur Retoris, pada pemberitaan media Kompas.com terlihat menggunakan unsur leksikon, hal ini menunjukkan penekanan disetiap beritanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:23
Last Modified: 06 Nov 2023 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25825

Actions (login required)

View Item View Item