..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Analisis Fatwa DSN-MUI Nomor:04/DSN/MUI/IV/2000 Tentang Produk Pembiayaan Murabahah di BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo

Aisya, Yenny Putri (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Analisis Fatwa DSN-MUI Nomor:04/DSN/MUI/IV/2000 Tentang Produk Pembiayaan Murabahah di BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi upload etheses-yennyy finish.pdf

Download (935kB)

Abstract

Aisya, Yenny Putri 2023. Analisis Penerapan Fatwa DSN-MUI Nomor:04/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Produk Pembiayaan Murabahah Di BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Farida Sekti Pahlevi, S.Pd.,S.H.,M.Hum.
Kata Kunci/keyword : Pembiayaan Murabahah , Barang Jaminan, Baitul Maal wa Tamwil

Pembiayaan Murabahah telah diatur oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia melalui Fatwa DSN-MUI Nomor:04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Murabahah . Peraturan tersebut menegaskan hal-hal yang semestinya dilakukan oleh Bank Syariah atau lembaga keuangan syariah lainnya dan juga nasabah. BMT Surya Mandiri Cabang Jetis sebagai Lembaga Keuangan Syariah memiliki beberapa produk pembiayaan salah satunya pembiayaan Murabahah . BMT Surya Mandiri sebagian Lembaga Keuangan Syariah dalam praktiknya masih menjalankan beberapa praktik yang terkesan seperti Lembaga Keuangan Konvensional yang tidak sesuai dengan peraturan mengenai pembiayaan Murabahah yang tertuang dalam Fatwa DSN-MUI Nomor:04/DSN-MUI/IV/2000 salah satunya praktiknya yakni melakukan pembiayaan Murabahah tanpa adanya objek pada saat akad berlangsung, sehingga dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Penerapan Fatwa DSN-MUI Nomor:04/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Produk Pembiayaan Murabahah Di BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo”.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana analisis Fatwa DSN-MUI Nomor 4 Tahun 2000 tentang Akad pembiayaan Murabahah di BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo?. (2) Bagaimana analisis Fatwa DSN-MUI Nomor 4 Tahun 2000 terhadap barang yang dijaminkan pada pembiayaan Murabahah di BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo?.
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan studi pustaka (library research). Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, serta observasi. Kemudian metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa akad pembiayaan Murabahah di BMT Surya Mandiri Cabang Jetis belum sesuai dengan Fatwa DSN-MUI Nomor:04/DSN-MUI/IV/2000 dikarenakan belum terpenuhinya rukun dalam akad Murabahah yaitu objek (Ma’qud Aalaih) yang tidak nyata pada saat akad berlangsung. Sedangkan untuk penetapan jaminan dalam akad pembiayaan Murabahah yang ditetapkan oleh pihak BMT Surya Mandiri Cabang Jetis Ponorogo telah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI Nomor: 04/DSN/MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Murabahah pada bagian ketiga yakni ketentuan tentang jaminan bahwa BMT diperbolehkan menetapkan barang jaminan untuk melihat keseriusan nasabah dalam melaksanakan akad pembiyaan Murabahah .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Sekti Pahlevi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:18
Last Modified: 06 Nov 2023 01:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25824

Actions (login required)

View Item View Item