Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 6 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Syahiidaa, Annisaa (2023) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 6 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190325_Annisaa Syahiidaa_Skripsi full tesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Syahiidaa, Annisaa. 2023. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Fikih Kelas VIII Di MTsN 6 Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.

Kata Kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Gaya Mengajar Guru Fikih, Motivasi Belajar Fikih.

Dalam pembelajaran fikih di MTsN 6 Ponorogo, motivasi sangat berperan dalam berjalannya pembelajaran. Dalam hal ini, motivasi dapat berupa minat yang tinggi terhadap ilmu fikih, tujuan hidup yang ingin dicapai melalui pemahaman fikih, atau kebutuhan untuk memahami hukum dan norma dalam Islam. Siswa yang bermotivasi tinggi dalam belajar fikih memungkinkan akan memperoleh hasil belajar yang tinggi pula, artinya semakin tinggi motivasi siswa, semakin juga intensitas usaha dan upaya yang dilakukan dalam pembelajaran fikih, maka semakin tinggi hasil belajar fiqih yang akan diperolehnya. Berbicara mengenai pada realita yang ada di kelas VIII MTsN 6 Ponorogo sekarang ini, kemungkinan masih ada siswa yang tidak telibat aktif dalam pembelajaran fikih, atau mungkin ada juga siswa yang tidak bisa mempertahankan pendapatnya, dan mungkin masih ada juga siswa yang tidak dapat memecahkan masalah karena masih bergantung kepada temannya. Beberapa faktor yang bisa membantu memotivasi siswa yaitu lingkungan teman sebaya dan gaya menagajar guru fikih di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara lingkungan teman sebaya di MTsN 6 Ponorogo tahun ajaran 2022/2023. (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru fikih kelas VIII di MTsN 6 Ponorogo tahun ajaran 2022/2023. (3) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara lingkungan teman sebaya dan gaya mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar fikih siswa kelas VIII di MTsN 6 Ponorogo tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian ex-post facto merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel, pengumpulkan data menggunakan angket. Populasi peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 6 Ponorogo dengan sampel 130 siswa. Analisis datanya menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 24.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Lingkungan teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar fikih siswa kelas VIII di MTsN 6 Ponorogo dalam kategori sedang sebesar 28,6% . (2) Gaya mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar fikih siswa kelas VIII di MTsN 6 Ponorogo dalam kategori sedang sebesar 21,3%. (3) Lingkungan teman sebaya dan gaya mengajar guru fikih berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar fikih siswa kelas VIII di MTsN 6 Ponorogo dalam kategori sedang sebesar 30,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:15
Last Modified: 06 Nov 2023 01:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25821

Actions (login required)

View Item View Item