Analiss Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah pada Tabungan IB Hijrah Haji pada Bank Muamalat Indonesia (Kantor Cabang Pembantu Madiun)

Putri, Eka Nur Fransiska (2023) Analiss Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah pada Tabungan IB Hijrah Haji pada Bank Muamalat Indonesia (Kantor Cabang Pembantu Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190202_EKA NUR FRANSISKA PUTRI_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nur Fransiska Putri, Eka. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah pada Tabungan iB Hijrah Haji Pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Dosen Pembibing: Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata kunci: Minat, Tabungan, Strategi.
Bank Muamalat KCP Madiun telah melakukan promosinya di KBIH, melalui agen travel dan juga memposting penawaran melalui website agen travel tersebut, Bank Muamalat juga mempromosikan produk iB Hijrah Haji di pondok pesantren dan juga tokoh masyarakat kemudian juga melakukan promosinya di kemenag. Akan tetapi walaupun sudah melakukan promosi dan kerja sama dengan berbagai pihak yang bersangkutan, peminat produk iB Hijrah Haji setiap tahunnya selalu mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat nasabah pada produk tabungan iB Hijrah Haji di Bank Muamalat KCP Madiun. (2)kendala dalam meningkatkan nasabah pada tabungan iB Hijrah Haji di Bank Muamalat KCP Madiun. (3)Strategi yang dilakukan terkait kendala dalam meningkatkan nasabah tabungan iB Hijrah Haji di Bank Muamalat KCP Madiun
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilaksanakan dengan dua orang pihak Bank Muamalat KCP Madiun dan enam nasabah Tabungan Haji. Kemudian untuk sumber data yang digunakan peneliti adalahdengan teknik pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Faktor-faktor yang paling mempengaruhi minat nasabah ialah faktor budaya dari segi agama, faktor sosial dari segi kelompok referensi, keluarga, dan peran sosial, faktor pribadi dari segi usia dan keadaan ekonomi, faktor psikologi dari motivasi dan pelayanan yang diberikan oleh Bank Muamalat KCP Madiun. 2) kendala internal yang terdapat di BMI KCP Madiun ialah terbatasnya kantor cabang dan kurangnya SDM. Kemudian untuk kendala eksternal yang terdapat di BMI KCP Madiun ialah banyaknya pesaing dari bank syariah lainnya kemudian juga adanya wabah Covid-19 pada tahun 2020-2021 yang menyebabkan penurunan yang signifikan. 3) Strategi yang dilakukan BMI KCP Madiun terkait kendala internal memberikan fasilitas alternatif berupa mobil branch, akan menambah marketing untuk memasarkan produk tabungan haji. Strategi kendala eksternal di BMI KCP Madiun terkait banyaknya pesaing dengan bank syariah lainnya BMI KCP Madiun membuat program berupa haji muda dari BPKH, kemudian ujroh atau fee buat per referal porsi haji, kemudian nasabah yang lansia yang tidak bisa berangkat haji dananya digunakan untuk umrah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:22
Last Modified: 03 Nov 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25809

Actions (login required)

View Item View Item