Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pengangkatan Anak Muslim Kepada Keluarga Non Muslim di Luar Pengadilan (Studi kasus di Desa Pundong Kecamatan Purwosari Kbupaten Bojonegoro)

Rahayu, umi (2023) Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pengangkatan Anak Muslim Kepada Keluarga Non Muslim di Luar Pengadilan (Studi kasus di Desa Pundong Kecamatan Purwosari Kbupaten Bojonegoro). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
101190105_Umi Rahayu_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rahayu, Umi. 2023. Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pengangkatan Anak Muslim Kepada Keluarga Non Muslim di Luar Pengadilan ( Studi Kasus di Desa Pundong Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro). Skripsi. jurusan Hukum Keluarga Islam. Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Ali Murtadlo, M.H.
Kata Kunci: Sosiologi Hukum, Pengangkatan Anak Muslim, Pengangkatan Anak di Luar Pengadilan
Pengangkatan anak dalam Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak ditegaskan bahwa calon orang tua angkat harus memiliki keyakinan yang sama dengan calon anak angkat dan pengangkatan anak harus melaui penetapan pengadilan. Ketentuan tersebut belum sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat Desa Pundong, karena mereka masih melakukan pengangkatan anak muslim kepada keluarga non muslim tanpa melalui prosedur pengadilan. Hal itu dapat berimplikasi terhadap keabsahan pengangkatan anak. Adanya permasalahan tersebut dikarenakan masyarakat Desa Pundong belum mengetahui dan memahami mengenai aturan pengangkatan anak sehingga mereka masih mengikuti budaya dan kebiasaan dari masyarakat terdahulu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan sosiologi hukum terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua muslim memberikan hak asuh anaknya kepada keluarga non muslim di Desa Pundong Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro? Bagaimana tinjauan sosiologi hukum terhadap Implikasi pengangkatan anak di luar pengadilan di Desa Pundong Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data primer dari penelitian ini adalah teori sosiologi hukum dan pengangkatan anak, hasil wawancara dari pelaku dan para tokoh masyarakat. Sedangkan data sekunder adalah buku-buku dan literatur yang berhubungan dengan kajian penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Faktor yang mempengaruhi orang tua muslim memberikan hak asuh anaknya kepada keluarga non muslim ialah karena faktor ekonomi, faktor simpati dan iba kepada keluarga yang tidak/belum memiliki keturunan, serta faktor balas budi. Dari fenomena tersebut jika dilihat dari sosiologi hukum yang mempengaruhi orang tua muslim tersebut adalah karena faktor budaya dan solidaritas masyarakat. (2) Implikasi dari pengangkatan anak di luar pengadilan yaitu dapat mengakibatkan terjadinya kesalahpahaman dalam hal mahrom, terganggunya hubungan keluarga beserta hak-haknya, menimbulkan perselisihan dalam hak kewarisan, tidak adanya hubungan hukum antara orang tua angkat dengan anak angkatnya, serta hak dan kewajiban dari masing-masing pihak tidak dapat dipertanggungjawabkan. Jika ditinjau dari sosiologi hukum implikasi itu karena faktor budaya masyarakat, substansi hukum yang belum diterima oleh masyarakat dan kurangnya kesadaran hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali Murtadlo
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:14
Last Modified: 02 Nov 2023 06:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25808

Actions (login required)

View Item View Item