PENGARUH RETURN ON ASSET DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2022

FAJRIAH, NINA AGUSTINA (2023) PENGARUH RETURN ON ASSET DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI PENGARUH ROA DAN ROE TERHADAP HARGA SAHAM BANK SYARIAH DAN KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2019-2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak

Fajriah, Nina Agustina. Pengaruh Return On Asset dan Return On Equity Terhadap Harga Saham Bank Konvensional dan Bank Syariah di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Faruq Ahmad Futaqi, S.E., M.E.
Kata Kunci: ROA, ROE, harga saham, bank syariah dan bank konvensional
Salah satu indikator keberhasilan pengelolaan perusahaan adalah harga saham. Jika harga saham suatu perusahaan selalu mengalami kenaikan, maka perusahaan tersebut dinilai investor dan calon investor berhasil mengelola perusahaannya. Secara teori Return On Asset berpengaruh terhadap harga saham, apabila suatu perusahaan memiliki nilai ROA yang semakin meningkat maka harga saham pada perusahaan tersebut cenderung meningkat. Begitu pula yang terjadi pada Return On Equity apabila ROE mengalami peningkatan maka harga saham pada perusahaan tersebut juga anak mengalami peningkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh ROA dan ROE terhadap harga saham baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengambil data sekunder dari Bursa Efek Indonesia dan laporan keuangan tahunan yang diterbitkan oleh perusahaan yang menjadi sampel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yaitu dengan memberikan kritria tertentu pada populasi yang akan dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis data panel menggunakan software Eviews 10.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel ROA secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Variabel ROE secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Variabel ROA dan ROE secara simultan berpengaruh terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FARUQ AHMAD FUTAQI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:39
Last Modified: 02 Nov 2023 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25804

Actions (login required)

View Item View Item