..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN FITUR SHOPEE PAYLATER

Nufusiah, Syifaun (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN FITUR SHOPEE PAYLATER. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

[img] Text
Syifaun Nufusiah 401190195 Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nufusiah, Syifaun. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Fitur Shopee Paylater ( Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo). Skripsi. 2023. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari.M.M.
Kata Kunci : Shopee Paylater. Kepercayaan, Persepsi Risiko, Religiusitas, Keputusan Pembelian.
Shopee merupakan salah satu contoh marketplace yang banyak dikunjungi dan diminati sebagai tempat untuk berbelanja online di Indonesia. Shopee juga memiliki fitur pembayaran PayLater yang disebut Shopee PayLater. Fitur cicilan tanpa kartu kredit kini menjadi tren yang menarik perhatian milenial. Layanan yang disediakan oleh PayLater adalah fitur pembayaran yang dilakukan setelah pembelian. atau dikenal dengan istilah “Buy Now Pay Later”. Metode pembayarannya bisa dicicil dengan tenor tertentu tanpa menggunakan kartu kredit, dengan tujuan memudahkan penggunaannya dalam memenuhi setiap keperluan hidupnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, persepsi risiko dan religiusitas terhadap keputusan pembelian Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Binis Islan IAIN Ponorogo menggunakan fitur Shopee Paylater, Teknik pengambilan sempel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa : (1) Kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan fitur Shopee Paylater, dengan diperoleh nilai sebesar thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 5000 > 1,661. (2) Persepsi Risiko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan fitur Shopee Paylater, dengan diperoleh nilai sebesar thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 2,243 > 1,661. (3) Religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan fitur Shopee Paylater, dengan diperoleh nilai sebesar thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 3,848 > 1,661.
(4) Kepercayaan, Persepsi Risiko dan Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan fitur Shopee Paylater. Dengan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 12.845 > 3,090 dan nilai koefisien korelasi (R) yang diperoleh sebesar 0,535 dan nilai koefisien determinasi (R2) pada R Square sebesar 0,264.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:37
Last Modified: 02 Nov 2023 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25803

Actions (login required)

View Item View Item