..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGRAMBE NGAWI

Mirza Ghulam Yongki Winata, Yongki (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGRAMBE NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190052_MIRZA GHULAM YONGKI WINATA_TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Winata, Mirza Ghulam Yongki, 2023, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnosains dan Sikap Sosial Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ngrambe Ngawi. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Risma Dwi Arisona, M.P

Kata Kunci : Problem Based Learning Berbasis Etnosains, Sikap Sosial, Keterampilan Sosial

Problem Based Learning Berbasis Etnosains disertai mengkaji tentang sikap sosial yang dimana peneliti menemukan masalah yaitu siswa kurang bersikap jujur, sikap percaya diri, sikap tanggung jawab, sikap sopan santun, dan sikap peduli baik kepada guru maupun teman sendiri dalam berkomunikasi serta mendengarkan pendapat lain dari teman. Dalam hal ini juga bahwa sikap sosial dalam undang undang kemendikbud dalam Permendikbud No. 21 Tahun 2016 menjelaskan bahwa menjelaskan sikap sosial merupakan suatu sikap yang menunjukan perilaku jujur, disiplin, sopan dan santun, percaya diri dan tanggung jawab dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan guru,teman dan keluarga, tetangga dan negara yang bertujuan untuk menunjukkan pada suatu orang untuk mengasah komunikasi dan berfikir kritis dalam mengambil keputusan maupun bertindak dalam bermasyarakat dengan atitude atau sikap yamg baik dan ramah.
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk menguji seberapa pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnosains terhadap keterampilan siswa SMPN 1 Ngrambe Ngawi, (2) untuk menguji seberapa pengaruh sikap sosial terhadap keterampilan sosial siswa SMPN 1 Ngrambe Ngawi, (3) untuk menguji seberapa pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnosains dan sikap sosial terhadap keterampilan sosial siswa SMPN 1 Ngrambe Ngawi.
Bedasarkan hal tersebut penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, yang dimana penelitian kuantitatif ini merupakan jenis penelitian pengolahan data. Penelitian ini menggunakan kuantitatif expo the facto, serta penelitian ini menggunakan analisis data SPSS 2023 dengan regresi sederhana dan regresi berganda.
Bedasarkan hasil dari penelitian peneliti menghasilkan bahwa dari 60 respoden yaitu (1) menghasilkan model pembelajaran problem based learning berbasis etnosains berpengaruh terhadap keterampilan sosial 60,4%, (2) sikap sosial berpengaruh terhadap keterampilan sosial 31,6%, (3) model pembelajaran problem based learning berbasis etnosains dan sikap sosial berpengaruh terhadap keterampilan sosial 61,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:36
Last Modified: 02 Nov 2023 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25802

Actions (login required)

View Item View Item