..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Penelitian Kualitatif di MTsN 6 Ponorogo)

Sa'adah, Wahyu (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Penelitian Kualitatif di MTsN 6 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190119_WAHYU SA'ADAH_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sa’adah, Wahyu. 2023. Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Penelitian Kualitatif di MtsN 6 Ponorogo). Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmadi, M.Ag.
Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Kepala Madrasah, Mutu Madrasah
Dalam proses peningkatan mutu madrasah dibutuhkan kompetensi manajerial kepala madrasah yang efektif dan efesien. Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut madrasah untuk melakukan perubahan yang berorientasi pada situasi masa depan, agar dapat menjadikan madrasah yang maju dan berkembang. Kepala madrasah sebagai titik utama dan komponen yang sangat penting dalam mengelola madrasah serta meningkatkan mutu madrasah dituntut untuk bisa melakukan perubahan yang sesuai dengan perkembangan zaman, karena berkembangnya madrasah sangat ditentukan oleh kompetensi manajerial kepala madrasah yang terencana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Menyusun perencanaan dalam meningkatkan mutu madrasah di MTsN 6 Ponorogo 2) Memimpin madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di MTsN 6 Ponorogo 3) Mengelola perkembangan kurikulum dalam meningkatkan mutu madrasah di MTsN 6 Ponorogo
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data dan penarikkan kesimpulan dari data yang telah dikumpulkan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Penyusunan perencanaan dalam meningkatkan mutu madrasah MTsN 6 Ponorogo sudah sesuai proses perencanaan madrasah dan membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan dengan melibatkan beberapa pihak dari berbagai komunitas dan pengalokasian dana yang dilakukan secara proposional yang mengarahkan pada madrasah yang islami, berprestasi, berwawasan teknologi dan berbudaya lingkungan (2) Kepemimpinan madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah MTsN 6 Ponorogo berfokus pada perkembangan prestasi peserta didik dengan menetapkan program pendanaan peningkatan mutu, menetapkan tugas melalui latar belakang pendidikan dan kemampuan yang dimiliki guru dan menerapkan hubungan komunikasi yang baik dengan saling memotivasi, memberikan riwed yang berprestasi dan mengembangkan keprofesionalan guru melalui pelatihan yang diselnggerakan oleh madrsah. (3) Pengelola perkembangan kurikulum dalam meningkatkan mutu madrasah MTsN 6 Ponorogo sudah sesuai dengan proses dalam mengelola perkembangan kurikulum dengan melibatkan beberapa pihak madrasah dan dilakukan setiap awal tahun dengan melalui beberapa program dan berprinsip yang sesuai akan kebutuhan masyarakat, peserta didik dan perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:35
Last Modified: 02 Nov 2023 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25801

Actions (login required)

View Item View Item