Ekstrakurikuler Drum band dalam Membentuk Karakter Integritas Siswa di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo

Mariyanto, Mariyanto (2023) Ekstrakurikuler Drum band dalam Membentuk Karakter Integritas Siswa di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190159_Mariyanto_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mariyanto. 2023. Ekstrakurikuler Drum Band dalam Membentuk Karakter Integritas Siswa di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Anis Afifah, M.Pd.

Kata Kunci: ekstrakurikuler drum band, karakter integritas.

Karakter integritas merupakan nilai yang mendasar perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan moral. Karakter meliputi sikap tanggung jawab sebagai warga negara, aktif terlibat dalam kehidupan sosial, melalui konsistensi terhadap tindakan dan perkataan yang berdasarkan pada kebenaran. Peneliti tertarik untuk meneliti ekstrakurikuler drum band dalam membentuk karakter integritas siswa di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo karena mengingat anggota ekstrakurikuler drum band yang mempunyai karakter tanggung jawab dan peduli sosial yang tinggi. Karakter tersebut tidak mungkin didapat tanpa proses latihan yang bagus oleh pihak sekolah kepada peserta didiknya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai integritas tanggung jawab dalam karakter ekstrakurikuler drum band di MI Mamba’ul Huda Al - Islamiyah Ngabar Ponorogo, (2) mendeskripsikan nilai integritas peduli sosial dalam karakter ekstrakurikuler drum band di MI Mamba’ul Huda Al - Islamiyah Ngabar Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada kepala MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar, pelatih atau penanggung jawab ekstrakurikuler drum band, perwakilan 6 siswa anggota drum band, observasi pelaksanaan ekstrakurikuler drum band, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian melalui kegiatan ekstrakurikuler drum band, siswa dapat melatih kedisiplinan yang termasuk dalam tanggung jawab, hal ini sudah diterapkan oleh siswa yang mengikuti kegiatan drum band yang ada di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar terlihat ketika siswa bertanggung jawab dalam mengembalikan alat drum band ketempat semula dan tanggung jawab terkait dengan kedisiplinan waktu ketika berlatih. Sekolah sangat mengupayakan terkait kedisiplinan waktu dan tanggung jawab siswa terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler drum band. Hal ini sesuai dengan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa sebagaimana yang telah ditunjukkan dalam menguasai lagu, mengambil dan mengembalikan alat drum band pada tempatnya, menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pelatih, menyelesaikan tugas dengan penuh tanggung jawab tanpa mengeluh baik itu tugas mandiri maupun kelompok. Pembentukan karakter integritas peduli sosial yang terdapat dalam ekstrakurikuler drum band di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar sudah menerapkan dengan baik bahwa semua siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drum band memiliki rasa peduli sosial yang tinggi, seperti halnya siswa saling bersama-sama membatu, tolong menolong, dan tidak mengejek jika terdapat beberapa temannya yang kesulitan saat berlatih serta membawa alat musik drum band. Selain itu guru memiliki peran yang sangat tinggi dalam pembentukkan rasa peduli sosial yang sudah diterapkan kepada siswa anggota drum band MI Mamba’ul huda Al-Islamiyah Ngabar seperti memberikan acuan bagaimana sikap yang baik ketika melihat temannya belum bisa menguasai alat musik ketika berlatih.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:15
Last Modified: 31 Oct 2023 01:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25796

Actions (login required)

View Item View Item