Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Question Box Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIN 2 Ponorogo

Arum, Kiki Rindi Linggar (2023) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Question Box Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI KIKI RINDI L.A 203190059 PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Arum, Kiki Rindi Linggar. 2023. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Question Box terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Talking Stick, Question Box.
Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V MIN 2 Ponorogo. Faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan berbicara tersebut kerena belum terbiasa berbicara di depan kelas, kesulitan menuangkan ide dan gagasannya secara lisan, siswa tidak aktif dalam pembelajaran, tidak mau bertanya, serta kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan kurang menarik, terutama media dan model pembelajaran sehingga pembelajaran dirasa monoton dan kurang menyenangkan. Hal itu dibuktikan dengan kondisi awal nilai keterampilan berbicara siswa masih di bawah nilai KKM. Melihat masalah tersebut maka diperlukan model pembelajaran yang menarik yakni dengan menerapkan model pembelajaran talking stick (tongkat berbicara), model talking stick merupakan permainan yang memutar tongkat kepada siswa lain yang diiringi dengan musik sehingga suasana kelas lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa. Model ini menjadikan siswa berani berbicara, menjadikan siswa lebih aktif, dan mau untuk berpendapat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan pelaksanaan model pembelajaran talking stick berbantuan qustion box pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MIN 2 Ponorogo, (2) mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MIN 2 Ponorogo, dan (3) mengetahui perbedaan keterampilan berbicara siswa antara kelas yang menggunakan model talking stick berbantuan question box dan model konvensional.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Ekperimen dengan jenis desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian, yakni kelas VA sebagai kelas eksperimen yang merapkan model pembelajaran talking stick dan VB sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran talking stick. Teknik pengumpulan data meliputi tes keterampilan berbicara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari statistik desktiptif dan statistik inferensial meliputi uji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t tast.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa, (1) penggunaan model talking stick berbantuan question box cukup efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kegiatan pembelajaran terdiri kegiatan pembuka, inti, dan penutup; (2) model talking stick berbantuan question box dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dibuktikan dari nilai rata-rata pretest siswa sebesar 56,19 setelah diberikan perlakuan model talking stick nilai postest menjadi 77,52; (3) adanya perbedaan ketarampilan berbicara siswa antara kelas yang menggunakan model talking stick dengan model kovensional. Dibuktikan dengan hasil keterampilan berbicara siswa postest pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 77,52 dan postest kelas kontrol memperoleh rata-rata 67,45. Hal tersebut diperkuat dari hasil uji independent sample t test bahwa nilai taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil uji hipotesis 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick berbantuan question box efektif terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MIN 2 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:31
Last Modified: 30 Oct 2023 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25783

Actions (login required)

View Item View Item