Pola Komunikasi Persuasif pada Postingan Akun Instagram @ittiba.id dalam Menyampaikan Pesan Dakwah

Hidayanti, Isna Nurul (2023) Pola Komunikasi Persuasif pada Postingan Akun Instagram @ittiba.id dalam Menyampaikan Pesan Dakwah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi uploudS.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://etheses.iainponorogo.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi mengantarkan masyarakat sebagai masyarakat informasi, internet dan dunia maya menjadi hal yang sangat diminati. semakin masifnya pengguna media sosial, kiranya akan sangat disayangkan jika hal tersebut hanya digunakan untuk sebatas komunikasi dan mengakses informasi-informasi yang kadang kala tidak penting dan tidak bermanfaat. Lebih dari itu, media sosial bisa kita manfaatkan untuk sarana berdakwah; menebar kabaikan, dan mengajak orang lain berbuat baik. Hal ini lah yang melatar belakangi munculnya media-media dakwah digital sekaligus menarik perhatian penulis untuk meneliti bagaimana pola komunikasi yang dilakukanakun akun dakwah @ittiba.id dalam media sosial Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan analisis isi (content analisys) pada 110 postingan yang di unggah akun Instagram @ittiba.id periode Desember sampai Januari 2023. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apa saja isi informasi dalam postingan akun instagram @ittiba,id ? 2. Bagaimana teknik komunikasi persuasif digunakan dalam postingan akun Instagram @ittiba.id? 3. Bagaimana respon mad’u terhadap pesan dakwah dalam postingan akun Instagram @ittiba.id?. Hasil dari penelitian ini adalah; 1. Dari 110 postingan periode Desember sampai Januari 2023 yang diteliti, isi postingan akun instagram @ittiba.id dikategorikan dalam sembilan tema postingan, yakni ibadah, pernikahan, adab, tradisi, parenting, sunnah, toleransi, sedekah, dan kematian. Setelah di klasifikasikan berdasarkan pesan dakwah syariah, akhlak, dan akidah menunjukkan kategori syariah merupakan postingan terbanyak yaitu 45 postingan. Kategori akhlak terdapat 32 postingan. Sedangkan kategori akidah merupakan postingan paling sedikit yaitu hanya 25 postingan dari keseluruhan jumlah. 2. Adapun teknik komunikasi persuasif yang digunakan akun @ittiba.id adalah; teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik tataan, dan teknik ganjaran. Dari keempat teknik komunikasi persuasif tersebut, teknik yang paling dominan digunakan adalah teknik tataan dengan ketiga lainnya digunakan sebagai penguat masing-masing tema postingan. Artinya akun @ittiba.id mengutamakan konsistensi penataan pesan dakwah serta tampilan pada poster agar dengan mudah mendapat perhatian dan dikenali komunikan/ mad’u. 3. Postingan yang menggunakan teknik integrasi, tataan, dan ganjaran memunculkan peluang penerimaan dengan respon persetujuan. Adapun teknik asosiasi terdapat beberapa respon ketidak setujuan dengan pesan yang disampaikan oleh akun @ittiba.id yang disebabkan oleh perbedaan pendapat terhadap kasus/ fenomena yang disajikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Oct 2023 07:33
Last Modified: 27 Oct 2023 07:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25782

Actions (login required)

View Item View Item