Maqa>s}id Al-Syari>’ah Terhadap Peran Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Dalam Menurunkan Angka Stunting Untuk Membentuk Keluarga Sejahtera.

Khoiriyyah, Zulfa (2023) Maqa>s}id Al-Syari>’ah Terhadap Peran Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Dalam Menurunkan Angka Stunting Untuk Membentuk Keluarga Sejahtera. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-Theses Skripsi _Zulfa Khoiriyyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khoiriyyah, Zulfa 2023. Analisis Maqa>s}id Al-Syari>’ah Terhadap Peran Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Dalam Menurunkan Angka Stunting Untuk Membentuk Keluarga Sejahtera. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Khidarulloh, M.H.I.
Kata Kunci/Keywords : Analisis Maqa>s}id Al-Syari>’ah, Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB), Stunting, Keluarga Sejahtera
Dikarenakan tingginya angka kasus stunting yang terjadi di Indonesia, Pemerintah menunjuk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)sebagai badan yang bertanggung jawab serta memimpin untuk pelaksanaan percepatan penurunan angka stunting di Indonesia. Stunting adalah kondisi kekurangan gizi pada bayi di 1000 hari pertama kehidupan yang berlangsung lama, sehingga berpengaruh pada masa pertumbuhannya. Kasus stunting dapat mempengaruhi kualitas hidup, kesejahteraan keluarga di masa depan. Fokus penelitian ini terkait peran DPPKB dalam upaya menurunkan angka stunting dengan menggunakan konsep Maqa>s}id Al-Syari>’ah supaya mencapai kesejahteraan dan kemaslahatan bersama. Sebagaimana yang diketahui, Maqa>s}id Al-Syari>’ah sendiri berfokus pada aspek kemaslahatan umat dan menghindari kemudharatan.
Tujuan penelitian adalah 1. Menjelaskan tinjauan Maqa>s}id Al-Syari>’ah terhadap peran DPPKB Kabupaten Madiun dalam menurunkan angka stunting untuk membentuk keluarga sejahtera dan 2. Menjelaskan tinjauan Maqa>s}id Al-Syari>’ah terhadap dampak program upaya DPPKB Kabupaten Madiun dalam menurunkan angka stunting untuk membentuk keluarga sejahtera. Adapun skripsi ini merupakan penelitian kulitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitis.
Dari penelitian ini dapat disimpulakan bahwa peran DPPKB Kabupaten Madiun dalam menurunkan angka stunting untuk membentuk keluarga sejahtera sesuai dengan tujuan hukum Islam dan mencakup tujuan pokok Maqa>s}id Al-Syari>’ah yakni hifz al-nasl (melindungi keturunan) dikemas melalui Peraturan Bupati, strategi upaya DPPKB Kabupaten Madiun, dan kerjasama DPPKB Kabupaten Madiun dengan stakeholder serta Instansi lain. Setelah upaya yang dilakukan DPPKB Kab Madiun, dampak dari program menurunkan angka stunting untuk membentuk keluarga sejahtera, angka stunting di Kabupaten Madiun mengalami penurunan. Peneliti mengklasifikasikan bentuk peran DPPKB dalam menurunkan angka Stunting yang dilakukan oleh DPPKB Kabupaten Madiun ke dalam tujuan hukum Islam atau yang dikenal sebagai Maqa>s}id Al-Syari>’ah, yaitu Hifz al-Nasl yang mempunyai tujuan untuk melindungi keturunan. Dampak dari pelaksanaan program menurunkan angka stunting dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, tetapi tidak dapat dijadikan satu-satunya ukuran untuk menilai kesejahteraan keluarga secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khaidarulloh
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Oct 2023 07:31
Last Modified: 27 Oct 2023 07:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25779

Actions (login required)

View Item View Item