Analisis Mashlahah Mursalah Terhadap Putusan Nomor 297/Pdt.P/2022/PA.NGJ Tentang Dispensasi Nikah Akibat Hamil Di Luar Nikah

Nafi'ah, Zaiza Athifatun (2023) Analisis Mashlahah Mursalah Terhadap Putusan Nomor 297/Pdt.P/2022/PA.NGJ Tentang Dispensasi Nikah Akibat Hamil Di Luar Nikah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UPLOAD ETHESES IAIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nafi’ah, Zaiza Athifatun, 2023, Skripsi. Analisis Mas}hlah}ah Mursalah Terhadap Putusan Nomor 297/Pdt.P/2022/PA.NGJ Tentang Dispensasi Nikah Akibat Hamil Di Luar Nikah. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Wahyu Saputra, M.H.Li.
Kata Kunci: Mas}hlah}ah Mursalah, Dispensasi Nikah, Hamil Diluar Nikah.
Dispensasi nikah merupakan pemberian izin nikah dari pengadilan kepada calon suami atau istri yang belum memenuhi kriteria calon pengantin dalam UU atau belum berumur 19 tahun untuk melangsungkan pernikahan. Pada perkara 297/Pdt.P/2022/PA.NGJ berisi bahwasannya pemohon ingin menikahkan anaknya yang belum berusia 19 tahun dikarenakan telah akrab dengan calon isterinya sehingga calon istrinya tersebut hamil. Hakim dalam mempertimbangkan permasalahan ini sesuai dengan Undang-undang perkawinan, akan tetapi Undang-Undang perkawinan tidak menjelaskan secara jelas terkait alasan atau penyimpangan yang bisa dijadikan alasan untuk tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam penelitian ini ingin melihat dari pandangan teori Mas}hlah}ah Mursalah. Apakah hakim dalam pertimbangan hukum nya sesuai dengan teori Mas}hlah}ah Mursalah dan bisa menjadi manfaat bagi pemohon dan keluarganya. Dan juga faktor yang menjadi latar belakang hakim dalam memutus perkara tersebut bisa sesuai dengan konsep Mas}hlah}ah Mursalah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tinjauan Mas}hlah}ah Mursalah terhadap pertimbangan hukum hakim pada perkara no. 297/Pdt.P/2022/PA.NGJ tentang dispensasi nikah akibat hamil diluar nikah ? (2) Bagaimana tinjauan Mas}hlah}ah Mursalah terhadap faktor yang melatarbelakangi putusan hakim pada perkara no. 297/Pdt.P/2022/PA.NGJ tentang dispensasi nikah akibat hamil diluar nikah?
Penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian Pustaka (Library Research), dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian dengan cara meneliti bahan-bahan pustaka atau data sekunder belaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif. Pendekatan yuridis normatif adalah penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan atau data sekunder belaka. Penelitian ini melakukan pengelompokan data bedasarkan rumusan masalah yang diambil.
Dari penelitian dapat ditarik kesimpulan ditinjau dari Mas}hlah}ah Mursalah pertimbangan hukum hakim dalam putusan ini sesuai dengan konsep Mas}hlah}ah Mursalah, hakim melihat dari kemanfaatan yang akan terjadi kedepannya untuk pemohon dan keluarganya. Juga faktor yang melatarbelakangi putusan hakim sudah sesuai dengan konsep Mas}hlah}ah Mursalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahyu Saputra
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:49
Last Modified: 27 Oct 2023 06:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25778

Actions (login required)

View Item View Item