Analisis Pemikiran Ulama’ Malikiyah Terhadap Jual Beli Buku Bekas Santri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo

Pratama, Robi (2023) Analisis Pemikiran Ulama’ Malikiyah Terhadap Jual Beli Buku Bekas Santri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ROBI PRATAMA_102190044_HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pratama ,Robi 2023.Analisis Pemikiran Ulama’ Malikiyah Terhadap Jual Beli Buku Bekas Santri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariahinstitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Drs. H .Muhsin.M.H.

Kata kunci: Hukum ,jual beli ,fud}uli

Jualbeli merupakan salah satu cara manusia untuk saling menukar barang dengan barang dengan ketentuan yang telah diatur oleh syariat , karena jual beli sendiri praktiknya yaitu pertukaranbarang secara sukarelaTentusaja,harusadaakadyangmelatarbelakangisuatutransaksijualbeli. . Namun, terdapat kasus dalam jual beli yang dilakukan di pondok, yaitu barang berupa buku bekas milik santri yang dijual tanpa sepengetauan peliliknya.
Dari latar belakang tersebut, dapat ditarik rumusan masalah yakni,1) Bagaimana Hukum Akad jual beli buku bekas santri di pondok pesantren darul huda Mayak Ponorogo prespektif ulama’ Malikiyah? 2) Bagaimana status kepemilikan objek buku bekas santri yang dijual prespektif ulama’ Malikiyah?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi.Analisa data menggunakan metode Induktif.Analisis data yang digunakan menggunakan madhab malikiayah.
Dalam skripsi ini dapat ditarik kesimpulan Melihat uraian bab satu sampai empat bawasannya melakukan bai’ fud}ulidi pondok pesantren darul huda mayak menurut ulama’ Malikiyah adalah tidak sah baik ditinjau dari akad dan barang, karena barang yang di jual tidak ada akad dari antri untuk menjual atau menjadi wakil kepemilikan untuk dijual.
Sedangkan status kepemilikan pun masih milik santri karena si pemilik barang tidak menyerahkan barangnya kepada siapapun baik dari segi akad jual beli ataupun dari segi bentuk wakalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhsin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:22
Last Modified: 27 Oct 2023 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25777

Actions (login required)

View Item View Item