Pengelolaan Media Informasi pada Akun Instagram @madiuntoday.id

Ningsih, Arika Setya (2023) Pengelolaan Media Informasi pada Akun Instagram @madiuntoday.id. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHESIS ARIKA SETYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, media yang digunakan untuk dapat menyebarluaskan informasi yang cukup efektif dari berbagai kalangan ialah media informasi. Seiring dengan berkembangnya sebuah teknologi, Diskominfo Kota Madiun dengan ini dituntut harus mampu untuk mengelola media sosial yang sedang eksis digunakan melalui akun Instagram @madiuntoday.id bersamaan dengan peran dan tanggung jawabnya terkait kebijakan dan berbagai program kegiatan pemerintah. Jadi kemunculan akun Instagram @madiuntoday.id diharapkan agar segala bentuk informasi yang berkaitan dengan instansi pemerintahan dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi media informasi di akun Instagram @madiuntoday.id, mengetahui dan mendeskripsikan tahapan dalam pengelolaan informasi di akun Instagram @madiuntoday.id, dan mengetahui faktor penghambat dalam pengelolaan media informasi yang ada di akun Instagram @madiuntoday.id. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh akan dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini diperoleh: 1) Pada aspek share menentukan media sosial Instagram untuk penyebarluasan informasi dalam model berita. Pada aspek optimize digunakan fitur tagar (hashtag) dan melakukan monitoring yang menjadi kesempatan bagi pengelola untuk meningkatkan jumlah pengikut dan keterlibatan. Pada aspek engage pengelola menentukan target sasarannya dan menjalin hubungan baik dengan OPD dan pengikut yang memiliki usaha. 2) Pada pengumpulan data/informasi terjun langsung ke lapangan berdasarkan ide dari internal maupun permintaan eksternal. Hasil pengolahan data/informasi berdasarkan pengalaman pengelola dalam bentuk tulisan dan untuk pemilihan foto 4-5 berbingkai. Analisis data/informasi yang dilakukan oleh pengelola yaitu melalui pemeriksaan ulang kebenaran isi informasi. Penyajian dan penyebarluasan informasi di halaman utama yang dilengkapi dengan tagar berdasarkan jam tayang. Dokumentasi/penyimpanan informasi dilakukan secara elektronik. 3) Faktor penghambat yang ditemui oleh pengelola yaitu waktu, perbedaan koreksi, terbenturnya kondisi dengan instansi lain, mengikuti tren konten kreator lain, tinjauan postingan tidak optimal, liputan mendadak pada tahap pengumpulan data, dan menyesuaikan karakteristik foto berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:21
Last Modified: 27 Oct 2023 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25776

Actions (login required)

View Item View Item