ANALISIS YURIDIS TERHADAP KESEJAHTERAAN KARYAWAN PABRIK GULA PAGOTAN MADIUN

Khoirul, Hanafi (2023) ANALISIS YURIDIS TERHADAP KESEJAHTERAAN KARYAWAN PABRIK GULA PAGOTAN MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102180017_Khoirul Hanafi_Hukum Ekonomi Syairah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Upah merupakan hak karyawan yang diterima dan dinyatakan dengan bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha kepada karyawan yang ditetapkan menurut perjanjian kerja. Upah yang diberikan harus pasti dan sesuai standar kelayakan agar mencapai kesejahteraan. Seperti karyawan di PG Pagotan yamg mana kesejahteraan menurut UU No. 13 Tahun 2003 adalah suatu pemenuhan kebutuhan atau keperluan jasmani dan rohani. Maka dari itu peneliti tertarik membahas kesejahteraan karyawan di PG Pagotan perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis yuridis terhadap kesejahteraan karyawan dalam pemberian upah di Pabrik Gula Pagotan Madiun? (2) Bagaimana analisis yuridis terhadap kesejahteraan karyawan dalam pemberian jaminan kesehatan di Pabrik Gula Pagotan Madiun?
Peneltiian ini merupakan penelitian kualitatif field research, dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yakni dengan model analisis milik Miles dan Huberman.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kesejahteraan karyawan PG Pagotan diukur dari pemberian upah menurut teori ijarah sudah sesuai, karena sudah memenuhi rukun dan syarat ujrah dan menurut hukum positif sudah sesuai, dibuktikan dengan karyawan menerima gaji UMK atau UMR. Kesejahteraan karyawan dalam pemberian jaminan kesehatan sudah sesuai karena menerima tunjangan sosial, fasilitas klinik dan koperasi. Kesejahteraan karyawan dalam pemberian jaminan ketenagakerjaan sudah sesuai (sejahtera) dibuktikan dengan karyawan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:03
Last Modified: 26 Oct 2023 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25775

Actions (login required)

View Item View Item