Strategi Mediator Nonhakim Dalam Mediasi Sengketa Perceraian Di Pengadilan Agama Ponorogo

Fitria, Resty Dwi (2023) Strategi Mediator Nonhakim Dalam Mediasi Sengketa Perceraian Di Pengadilan Agama Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
RESTY DWI FITRIA_101190086_HUKUM KELUARGA ISLAM-..pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitria, Resty Dwi 2023. Strategi Mediator Nonhakim Dalam Mediasi Sengketa Perceraian di Pengadilan Agama Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Abid Rohmanu, M.H.I.
Kata Kunci: Strategi Mediator, Mediasi, Perceraian
Mediasi merupakan upaya untuk mencegah terjadinya perceraian di Pengadilan Agama. Pelaksanaan mediasi dalam proses beracara di pengadilan diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen efektif untuk mengurangi dan mencegah perkara perceraian. Pelaksanaan mediasi di Pengadilan Agama Ponorogo tidak hanya dipimpin oleh hakim mediator tetapi juga rata-rata dipimpin oleh mediator nonhakim hal ini disebabkan karena banyaknya perkara yang masuk. Melihat hal tersebut para mediator nonhakim dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat untuk mencegah terjadinya perceraian, karena itu mediator nonhakim memiliki pengaruh yang kuat untuk mencapai keberhasilan mediasi perceraian di Pengadilan Agama Ponorogo. Perkara perceraian yang berhasil dimediasi tidak banyak akan tetapi ada tren kenaikan dari tahun 2021 ke tahun 2022 yang bisa diselesaikan yaitu mencapai 3,53% perkara yang berhasil dimediasi sedangkan tahun sebelumnya mencapai 1,98% perkara.
Berangkat dari fenomena diatas peneliti ingin mendalami lebih lanjut tentang dua hal yaitu: (1) Bagaimana analisis praktik mediator nonhakim dalam menangani mediasi penyelesaian sengketa perceraian di Pengadilan Agama Ponorogo Tahun 2022? (2) Bagaimana analisis strategi mediator nonhakim dalam mediasi sengketa perceraian di Pengadilan Agama Ponorogo Tahun 2022?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian kualitatif atau penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan normatif empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu menggunakkan metode analisis deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data kemudian dianalisis untuk mengambil kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa praktik mediasi di pengadilan dilakukan berdasarkan PERMA No 1 Tahun 2016 yaitu melalui beberapa tahap diantaranya tahap pra mediasi, tahap pelaksanaan mediasi dan tahap laporan mediasi. Selain itu dalam melaksanakan mediasi mediator nonhakim juga menggunakan strategi maupun teknik dalam upaya mendamaikan para pihak, mediator nonhakim memberikan nasihat, saran, masukan serta dampak yang akan terjadi dan juga berbagai upaya lainnya yang dilakukan dengan strategi komunikasi yang mengarah pada pendekatan agama dan pendekatan psikologi. Selain itu juga menggunakan beberapa teknik diantaranya: membangun kepercayaan, menganalisis konflik, mengumpulkan informasi, mendengarkan dengan penuh perhatian, merangkum ulang pembicaraan para pihak, mengatasi emosi sepihak, memanfaatkan kaukus dan menyusun kesepakatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:04
Last Modified: 26 Oct 2023 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25771

Actions (login required)

View Item View Item