Upaya Keluarga TKI Dalam Mewujudkan Keharmonisan Rumah Tangga (Studi Kasus Di Desa Pagerukir Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo)

Bagaskara, Reza Adhi (2023) Upaya Keluarga TKI Dalam Mewujudkan Keharmonisan Rumah Tangga (Studi Kasus Di Desa Pagerukir Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
REZA ADHI BAGASKARA-101180200-HUKUM KELUARGA ISLAM,..pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Bagaskara, Reza Adhi. 2023. Upaya Keluarga TKI Dalam Mewujudkan Keharmonisan Rumah Tangga (Studi Kasus Di Desa Pagerukir Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Hj. Rohmah Maulidia, M.Ag.
Kata Kunci: Keluarga, Keharmonisan, TKI.
Keharmonisan rumah tangga merupakan dambaan sebagian besar orang yang telah menikah, karena jika keluarga tidak terbentuk sebuah keluarga yang harmonis maka dapat dengan mudah hancur. Sebagaimana tujuan dari perkawinan yaitu membangun keluarga yang harmonis, rukun sejahtera, dan bahagia. Permasalahan dalam kehidupan rumah tangga, seperti di Desa Pagerukir telah menjadikan faktor yang mendorong untuk bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia. Alasan tersebut menjadikan indikasi sebuah keluarga tidak berjalan harmonis. Untuk selalu menjaga keharmonisan keluarga diperlukan upaya yang maksimal khususnya bagi keluarga TKI di Desa Pagerukir Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo.
Berdasarkan uraian di atas, penulis merumuskan permasalah sebagai berikut : (1) Bagaimana relasi keluarga TKI Desa Pagerukir Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo dalam menjaga keutuhan rumah tangga?; (2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mewujudkan keharmonisan rumah tangga TKI di Desa Pagerukir Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo.
Skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Kemudian, penelitian ini akan menyajikan data yang diperoleh dari lapangan, baik dengan wawancara maupun dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama relasi keluarga TKI dalam mewujudkan keharmonisan rumah tangga Desa Pagerukir yaitu; adanya ketahanan fisik ekonomi, psikologi, dan sosial. Kelima narasumber memiliki ketahanan psikologi dan sosial yang baik, sedangkan satu narasumber memiliki ketahanan fisik ekonomi yang kurang terutama dari kebutuhan fisik materiil dan ekonomi. Faktor pendukung dalam mewujudkan keharmonisan rumah tangga; kesejahteraan jiwa, kesejahteraan fisik, pengimbang pendapatan dan pengeluaran, dan komunikasi interpersonal. Sedangkan faktor penghambatnya yakni; kesibukan orang tua sebagai TKI, permasalahan komunikasi yang sangat jarang atau tidak konsisten dilakukan, terakhir pengaruh orang tua dalam hal rumah tangga anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:19
Last Modified: 25 Oct 2023 01:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25764

Actions (login required)

View Item View Item