Pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Melalui Budaya Madrasah (Studi Kasus Di Min 7 Ponorogo)

Noviana, Nina (2022) Pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Melalui Budaya Madrasah (Studi Kasus Di Min 7 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
e-thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Noviana, Nina. 2022. Pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa Melalui Budaya Madrasah Di MIN 7 Ponorogo (studi kasus di min 7 ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.

kata kunci : Pembentukan perilaku, Perilaku keagamaan, Budaya madrasah.
Masalah moral dan perilaku menjadi problematika bagi masa anak-anak, sebab pada masa ini, mereka mengalami perubahan fase dan mulai ragu terhadap kaidah-kaidah dan ketentuan agama. Banyak kasus yang terjadi seperti kekerasan, perundungan (bullying), seks bebas, tindak anarkisme sampai penyalahgunaan obat-obatan terlarang/narkotika. Hal demikian menjadi problematika yang tidak bisa dikesampingkan lagi. Terjadinya krisis moral saat ini pada dasarnya disebakan lemahnya pegangan individu terhadap agama sehingga tidak ada kendali pada diri sendiri. Dengan demikian, diperlukan upaya untuk mencegah ataupun mengatasi krisis moral tersebut melalui pendidikan agama dan pembiasaan untuk menanamkan jiwa agamis dan membentuk perilaku keagamaan anak sejak dini. Madrasah sebagai salah satu entitas pendidikan di Indonesia sudah seharusnya mengikuti perkembangan pendidikan terkini. Terhadap arus globalisasi, meningkatnya degradasi nilai dan moral madrasah tidak boleh bersikap apriori. Oleh karena itu, setiap lembaga pendidikan termasuk madrasah harus terus memunculkan inovasi-inovasi terbaik dalam rangka meningkatkan mutu sekolah atau madrasah serta membentuk perilaku dan kepribadian siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan pembentukan akhlak siswa melalui budaya madrasah di MIN 7 Ponorogo (2) Untuk mendeskripsikan pembentukan ibadah siswa melalui budaya madrasah di MIN 7 Ponorogo. (3) Untuk mendeskripsikan hasil pembentukan perilaku keagamaan siswa melalui budaya madrasah di MIN 7 Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data diambil dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian ini, perilaku keagamaan yang dibentuk adalah dalam aspek ibadah dan akhlak. Metode atau cara yang digunakan dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa adalah teladan atau pemodelan dan pembiasaan/condisioning. Budaya madrasah yang diterapkan dalam rangka membentuk perilaku ibadah dan akhlak siswa diantaranya berdo’a dan mengaji bersama sebelum pelajaran di mulai, melaksanakan salat duha (sesuai jadwal yang ditentukan), diperdengarkan murrotal juz 30 waktu istirahat, melaksanakan salat zuhur berjamaah, mengikuti pelajaran BTQ (baca tulis quran) saat pelajaran telah usai. (diampu oleh yang kompeten di bidangnya/ bersertifikat UMMI), budaya jujur, berbicara dengan sopan dan santun kepada siapa saja, membiasakan senyum, sapa, salam, sopan dan santun, membiasakan untuk disiplin. Hasil pembentukan perilaku keagamaan siswa melalui budaya madrasah di MIN 7 Ponorogo adalah menghasilkan perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik. Perilaku tersebut diantaranya adalah dengan inisiatif sendiri melakukan salat fardhu berjamaah, melakukan kegiatan mengaji di madrasah atau di masjid, membiasakan diri disiplin dengan tidak terlambat berangkat sekolah, memiliki kebiasaan untuk jujur, terbiasa mengucap salam dan bersalaman, berbicara dengan sopan dan santun

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:37
Last Modified: 23 Oct 2023 08:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25754

Actions (login required)

View Item View Item