Implementasi Kegiatan Lalaran Kitab dalam Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa di SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo

Mas-ul, Rosyid Nihru (2023) Implementasi Kegiatan Lalaran Kitab dalam Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa di SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190453_Rosyid Nihru Mas-ul.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menghafal merupakan suatu usaha untuk mempelajari sesuatu supaya masuk ke dalam ingatan, sehingga dapat mengucapkannya di luar kepala. Kegiatan menghafal berkaitan erat dengan keterlibatan fungsi daya ingat. Daya ingat seseorang tidak terlepas dari kemampuan otaknya untuk menyimpan informasi. Kemampuan daya ingat individu yang berbeda-beda, mendorong adanya perkembangan metode menghafal. Salah satu metode menghafal yang dapat meningkatkan kualitas daya ingat individu adalah lalaran. SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo merupakan sekolah yang mengadopsi kurikulum pesantren dalam proses pembelajarannya. Salah satunya yaitu terdapat target hafalan kitab 'aqidatul awwam yang harus dipenuhi siswa sebagai syarat naik kelas. Adanya syarat tersebut membuat siswa yang mayoritas tidak berasal dari latar pendidikan pesantren merasa kesulitan karena belum terbiasa menghafal kitab. Hal ini ditunjukkan dengan setoran hafalan yang kurang lancar dan sering mengulang-ulang. Oleh karena itu, dipilih metode lalaran sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafalkan kitab karena dianggap mampu meningkatkan daya ingat siswa dan menumbuhkan motivasi siswa untuk menghafal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan kegiatan lalaran kitab di SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan lalaran kitab di SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo, dan (3) Mendeskripsikan dampak pelaksanaan kegiatan lalaran kitab bagi daya ingat siswa terhadap hafalan kitab di SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik interaktif Miles, Hubberman, dan Saldana berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Partisipan penelitian berasal dari beberapa tenaga pendidik dan siswa SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo.
Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa (1) Proses perencanaan kegiatan lalaran kitab diawali dengan rancangan kegiatan lalaran yang dimasukkan dalam rangkaian pembiasaan pagi. Kitab yang digunakan pada kegiatan lalaran adalah kitab ‘aqidatul awwam. (2) Pelaksanaan kegiatan lalaran kitab dilakukan secara bersama-sama dengan dipandu oleh guru yang bertugas dan dilanjutkan dengan sholat dhuha berjamaah, membaca asmaul husna, serta sholawat. (3) Dampak kegiatan lalaran kitab terhadap daya ingat siswa yaitu memudahkan siswa dalam menghafal kitab dan memperkuat hafalan sehingga tidak mudah lupa. Kegiatan lalaran membuat daya ingat siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:28
Last Modified: 23 Oct 2023 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25753

Actions (login required)

View Item View Item