Tinjauan Psikologi Keluarga Terhadap Pembentukan Keluarga Sakinah Pada Pasangan Pernikahan Dini Di Desa Kledung Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan

Anwar, Saiful (2023) Tinjauan Psikologi Keluarga Terhadap Pembentukan Keluarga Sakinah Pada Pasangan Pernikahan Dini Di Desa Kledung Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SAIFUL ANWAR-101180209-HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Anwar, Saiful. 2023. Tinjauan Psikologi Keluarga Terhadap Pembentukan Keluarga Sakinah Pada Pasangan Pernikahan Dini Di Desa Kledung Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Anjar Kususiyanah, M.Hum.
Kata kunci: Pernikahan Dini, Keluarga Sakinah, Psikologi Keluarga Islam
Di Desa Kledung masih banyak praktik pernikahan dini karena faktor pergaulan bebas yang mengakibatkan terjadinya hamil diluar nikah, yang mana usia mereka semua masih di bawah umur. Dengan usia dibawah umur sebagian pelaku belum siap dari segi mental dan tanggung jawab atas keluarganya, dengan demikian pembahasan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana kesiapan mental pada pasangan pernikahan dini dan bagaimana tanggung jawab suami istri atas pembentukan keluarga sakinah sesuai dengan psikologi keluarga islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pengaruh Mental Terhadap Pembentukan Keluarga Sakinah Pada Pasangan Pernikahan Dini Di Desa Kledung Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan?; (2) Bagaimana Pengaruh Tanggung jawab Terhadap Pembentukan Keluarga Sakinah Pada Pasangan Pernikahan Dini Di Desa Kledung Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan?.
Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, skripsi ini akan menggambarkan beberapa data yang diperoleh dari lapangan, baik dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Kemudian dilanjutkan dengan proses reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dengan metode analisis data. Selain itu proses analisa tersebut juga didukung dengan kajian pustaka sebagai referensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. Sehingga dengan proses semacam itu dapat diperoleh kesimpulan sebagai jawaban atas dua rumusan masalah diatas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh mental dan tanggung jawab pasangan pada pernikahan dini di Desa Kledung, terdapat beberapa hal yang dapat diambil sebagai kesimpulan pernikahan dini dapat berdampak buruk pada kesehatan mental pasangan. Pasangan yang belum siap secara emosional dan psikologis untuk menghadapi pernikahan dan peran sebagai suami atau istri dapat masalah emosional. Tanggung jawab dalam keluarga menjadi salah satu tantangan bagi pasangan yang menikah pada usia yang relatif muda. Mereka mungkin belum sepenuhnya siap untuk mengemban peran sebagai orang tua, mengatur keuangan keluarga, dan menjaga keseimbangan antara kebutuhan pribadi dan tanggung jawab keluarga. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa pernikahan dini dapat memiliki dampak yang kompleks pada kesehatan mental dan tanggung jawab pasangan dalam membentuk keluarga. Namun, dengan dukungan yang tepat dan upaya bersama, pasangan masih dapat mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan dalam pernikahan mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anjar Kususiyanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:34
Last Modified: 23 Oct 2023 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25745

Actions (login required)

View Item View Item