Analisis Efektivitas Hukum Terhadap Praktik Bimbingan PraNikah Di KUA kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo

Astuti, Asri (2023) Analisis Efektivitas Hukum Terhadap Praktik Bimbingan PraNikah Di KUA kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Naskah Skripsi-Asri Astuti (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Astuti, Asri 2023. Analisis Efekivitas Hukum Ter hadap Layanan Bimbingan Pra Nikah Di KUA Kecamatan Badegan. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Wahyu Saputra, S.H.I., M.H.LI.

Kata kunci/keywords: Efektivitas Hukum, Bimbingan pra niikah, Layanan bimbingan pra nikah

Bimbingan pranikah merupakan suatu upaya pemberian bantuan kepada ndividu dalam memecahkan masalah atau informasi seputar perkawinan yang akan dihadapi oleh calon pengantin. Diharapkan agar tercapai kemapanan untuk memahami, menerima, dan mengarahkan calon pengantin secara optimal dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik liingkungan secara umum maupun lingkungan keluarga untuk membentuk keluarga sakinah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan praktik bimbingan pra nikah di KUA Badegan? (2) Bagaimana analisis faktor penghambat efektivitas hukum terhadap layanan bimbingan pra nikah di KUA Badegan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatatif. Sedangkan tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ialah metode deduktif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di KUA Kecamatan Badegan terdapat faktor pendukung dan penghambat berjalannya proses bimbingan pra nikah. Faktor pendukung tersebut antaranya bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo sudah diterapkan berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No.189 Tahun 2021, sudah berjalan sesuai hukum yang berlaku. kemudiian untuk pemateri sudah menguasai materi bimbingan dengan baik karena mereka sudah mendapakan diklat TOT (traiiniing off trainer) dan telah mendapatkan sertifikat. Adapun sarana dan prasarana di KUA Kecamatan Badegan sudah memadai yang mana di KUA tersebut sudah tersedia alat-alat untuk bimbingan seperti proyektor, buku-buku modul dll. Untuk kesadaran masyarakat akan pentingnya bimbingan pra nikah di Kecamatan Badegan sudah sebagian besar mengikuti bimbingan sesuai dengan peraturran yang ada. Kemudian faktor penghambatnya yaitu ketentuan dalam peraturan yang dijadikan dasar bimbingan pra nikah kurang jelas dan tegas sehingga masih dibutuhkan rekontruksi kembali, kemudian untuk penegak hukumnya kurang menarik partisipasi masyarakat untuk mengikuti bimbingan pra nikah, sehingga masyarakat masih ada yang menganggap bimbingan pra nikah itu kurang penting.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahyu Saputra
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:00
Last Modified: 20 Oct 2023 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25736

Actions (login required)

View Item View Item