..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, SERTA TAMBAHKAN WATERMAK FULL S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Analisis Kemampuan Sikap Kepedulian Sosial Dan Lingkungan Siswa SMP Di Kabupaten Ponorogo Dilihat Dari Pemanfaatan Green Technology

Anwar, Khoirul (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, SERTA TAMBAHKAN WATERMAK FULL S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Analisis Kemampuan Sikap Kepedulian Sosial Dan Lingkungan Siswa SMP Di Kabupaten Ponorogo Dilihat Dari Pemanfaatan Green Technology. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ANALISIS KEMAMPUAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN SISWA SMP DI KABUPATEN PONOROGO DILIHAT DARI PEMANFAATAN GREEN TECHNOLOGY_054541.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anwar, Khoirul. 2023. Analisis Kemampuan Sikap Kepedulian Sosial Dan Lingkungan Siswa SMP Di Kabupaten Ponorogo Dilihat Dari Pemanfaatan Green Technology.Skripsi,2023. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Wirawan Fadly, M.Pd
Kata Kunci: sikap kepedulian sosial, sikap kepedulian lingkungan, green technology
Lembaga atau instansi Pendidikan bukan hanya mengajarkan tentang teori ilmu pengetahuan dan mata pelajaran saja. Di luar itu Pendidikan diluar kelas juga diimplementasikan, selain itu pembelajaran yang non akademik juga diajarkan didalam Lembaga sekolah. Seperti extrakurikuler dan organisasi disekolah menjadi bagian yang penting untuk mendidik pengetahuan secara umum dan juga karakter.Disekolah sendiri terdapat program adiwiyata yang bergerak untuk pelestarian lingkungan. Didalamnya terdapat program-program yang salah satunya yaitu pembuatan green technology yang secara langsung siswa ikut terjun dalam pembuatannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan sikap kepedulian sosial dan kemampuan sikap kepedulian lingkungan siswa SMP di kabupaten Ponorogo dilihat dari pemanfaatan green technology. Dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan sikap kepdulian sosial dan kepedulian lingkungan siswa.
Peneltian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Sampel pada penelitian ini yaitu tujuh siswa dari dua sekolah menengah pertama dan satu Madrasah tsanawiyah dikabupaten Ponorogo yang tergabung dalam tim hijau disekolah masing-masing. Peneliti memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan indikator sikap kepedulian sosial dan sikap kepedulian lingkungan.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa siswa menunjukkan perilaku atau sikap kepedulian sosial dengan mau dan mampu membantu teman yang mengalami kesusahan. Siswa juga menunjukkan sikap kepedulian lingkungan dengan membuat produk ramah lingkungan sebagai upaya untuk menanggulangi bencana. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi sikap kepedulian sosial dan sikap kepedulian lingkungan yaitu dari faktor keluarga, lingkungan, dan Lembaga Pendidikan yang ditempuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:26
Last Modified: 19 Oct 2023 01:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25720

Actions (login required)

View Item View Item