Tinjauan Maslahah Terhadap Pola Asuh Orang tua Dengan Sarana Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di Desa Munggu Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo)

Ridlo, Rosyid (2023) Tinjauan Maslahah Terhadap Pola Asuh Orang tua Dengan Sarana Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di Desa Munggu Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
skripsi upload e theses.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ridlo.Rosyid. 2023. Tinjauan maslahah terhadap pola asuh dengan sarana gadget pada anak usia dini (studi kasus di desa munggu kecamatan bungkal Kabupaten ponorogo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Soleh Hasan Wahid M.H.
Kata Kunci/ keywords: Pola Asuh, gadget, mas{lahah, mud{orot.
Penelitan pola asuh orang tua dalam skripsi ini membahas tentang fenomena pemberian gadget kepada anak usia dini sebagai sarana dalam mengasuh anak. Fenomena ini menarik karena terjadinya perubahan pola asuh antara orang tua zaman dahulu dengan sekarang. Gadget bisa diibaratkan dengan pisau, bagi orang yang mampu menggunakannya dengan baik maka akan mendatangkan maslahah, dan bagi orang yang tidak mampu menggunakan dengan baik maka akan mendatangkan mudhorot. Orang tua merupakan peran yang utama dalam mengontrol pemberian gadget kepada anak agar dapat mendatangkan maslahah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan maslahah terhadap praktik pola asuh orang tua yang memberikan gadget kepada anak usia dini di Desa Munggu Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan maslahah terhadap implikasi pola asuh orang tua yang memberikan gadget kepada anak usia dini di Desa Munggu Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan tiga metode yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berlokasi di Desa Munggu kecamatan Bungkal kabupaten Ponorogo. Penelitian ini akan difokuskan mengenai praktik pola asuh dengan sarana gadget dan implikasi dari pemberian gadget kepada anak usia dini di desa Munggu Kecamatan Bungkal kabupaten Ponorogo. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori mas{{lahah.
Dari hasil penelitian menunjukkan sedikitnya ada tiga jenis pola asuh yang dilakukan orang tua, orang tua mengasuh anak dengan gadget dikontrol, orang tua mengasuh anak dengan gadget tanpa control dan orang tua yang mengasuh tanpa memberi gadget kepada anak. Dari temuan tersebut penelitian dapat disimpulkan: (1) Tinjauan maslahah terhadap praktik pola asuh yang mengasuh dengan memberikan gadget kepada anak dengan kontrol termasuk dalam maslahah tahsiniyat, pola asuh menggunakan gadget dengan kontrol termasuk dalam hal yang dibutuhkan untuk membantu pelaksanaan sesuatu yang diperintakan oleh syari’at. (2) terdapat dua dampak terhadap pola asuh orang tua menggunakan gadget, bagi orang tua yang mampu mengontrol penggunaaan gadget anak dengan baik akan mendapatkan maslahah. dan sebaliknya bagi orang tua yang tidak mengontrol penggunaan gadget anak akan berdampak mudorot.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Soleh Hasan Wahid
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:24
Last Modified: 19 Oct 2023 01:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25717

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item