STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS TENAGA PENDIDIK DI SDN 4 NGASINAN PONOROGO

Ihsanuddin, Muhammad Rizza (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS TENAGA PENDIDIK DI SDN 4 NGASINAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211216044_MUHAMMAD RIZZA IHSANUDDIN_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ihsanuddin, Muhammad Rizza. 2023. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreatifitas
Tenaga Pendidik di SDN 4 Ngasinan. Skripsi, Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Meningkatkan Kreatifitas Tenaga Pendidik, SDN 4
Ngasinan
Peran kepala madrasah selaku pemimpin mempunyai peranan yang sangat besar dalam rangka
peningkatan mutu seorang guru. Sedang guru merupakan salah satuindikator dalam keberhasilan
sekolah yang harus dikembangkan secara profesionalagar mampu memberikan output yang handal.
Dan untuk peningkatan kualitas gurumerupakan salah satu kunci memajukan mutu pendidikan,
berbagai program yangharus diadakan untuk menunjang perubahan peningkatan potensi guru
adalahkekreatifitasan seorang guru yang akan dianggap bermutu. Dalam hal ini maka kreatifitas
seorang guru harus diwujudkan secara kognitif sebagai bentuk upaya mencapai tujuan dalam proses
mengajar karena guru merupakan kunci utama keberhasilan proses belajar-mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1). Bagaimana
implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kreatifitas tenaga pendidik di SDN 4
Ngasinan?, 2). Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi
kepala sekolah dalam meningkatkan Kreatifitas tenaga pendidik di SDN 4 Ngasinan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan
rancangan Multi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Sedangkan Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui Dependality,
Confirmability, dan Credibility.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). a. Pemberian Pembinaan dan pengembangan, b.
Pemberian penghargaan, c. Memberikan kebebasan kepada guru d. Memberikan pendamping
kepada guru, e. Kepala madrasah melakukan supervisi terhadap guru, f. menciptakan suasa kerja
yang menyenangkan dan penuh kebersamaan dan g. Mengadakan studi banding. 2). a. Faktor
pendukung diantaranya: 1. Latar belakang pendidikan sarjana guru dan Magister yang memadai,
2. Respon guru untuk melakukan inovasi , motivasi yang kuat, kerjasama yang baik, 3.
Perpustakaaan dan labor komputer, labor IPA dan labor bahasa yang memadai, 4. Media
pembelajaran dan alat peraga untuk praktek yang memadai. 3) Lingkungan kerja yang memadai,
5. Dukungan komite yang kuat. b. Faktor Penghambat: 1 Sikap, latar belakang dan tingkat sosial
guru yang berbeda-beda, 2. Jumlah tenaga guru yang PNS sedikit, 3. Hubungan baik antara sekolah
dengan orang tua/ wali murid masih kurang, 4. komunikasi dengan guru kurang lancar, 5.
perjalanan dinas luar menyita waktu karena jarak tempuh kekabupaten dan provinsi cukup jauh, 6.
Masih adanya rasa segan terhadap guru-guru yang lebih tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:22
Last Modified: 19 Oct 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25715

Actions (login required)

View Item View Item