PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM KESENIAN GAJAH-GAJAHAN DI DESA WILANGAN, KECAMATAN SAMBIT, KABUPATEN PONOROGO

Muttaqin, Aynun (2023) PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM KESENIAN GAJAH-GAJAHAN DI DESA WILANGAN, KECAMATAN SAMBIT, KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI-AYNUN MUTTAQIN-201190332.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muttaqin, Aynun. 2023. Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Kesenian Gajah-Gajahan di Desa Wilangan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Cinta Tanah Air, Kesenian Gajah-Gajahan
Kesadaran berbangsa dan bernegara penting ditanamkan pada jiwa manusia, baik dalam pendidikan sekolah maupun dalam pendidikan sosial masyarakat. Pendidikan karakter cinta tanah air merupakan perasaan bangga, memiliki, kasih, perhatian, dan kepedulian yang ditujukan kepada seseorang untuk negaranya. Kesenian Gajah-gajahan merupakan kesenian yang lahir melalui budaya dan tradisi masyarakat Ponorogo.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pagelaran kesenian Gajah-gajahan di Desa Wilangan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, (2) Menganalisis pendidikan karakter cinta tanah air yang terkandung dalam pagelaran kesenian Gajah-gajahan di Desa Wilangan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini : (1) Pagelaran kesenian Gajah-gajahan merupakan pagelaran kesenian patung Gajah yang diarak mengelilingi jalanan Desa. Dalam pelaksanaannya terdapat pemain Patung Gajah, penunggang Gajah, pasukan suku dayak, punokawan yaitu Semar, Gareng, Gareng, Petruk, penyanyi dan pemain yang memegang alat musik seperti bedug/jedor, kompang 3, kentongan, demong, saron, peking, kenong, syimbal dll. (2) Pendidikan karakter cinta tanah yang terkandung dalam pagelaran kesenian Gajah-gajahan yaitu (a) menumbuhkan dan memperkuat jati diri bangsa, disimbolkan pada patung hewan Gajah dan pakaiannya (b) dapat menjaga keutuhan NKRI, disimbolkan pada pemain Penunggang Gajah yaitu pengeran Diponegoro, pemain Pasukan Suku Dayak dan pakaian yang digunakannya (c) menjadikan masyarakat indonesia yang bermartabat dan berperilaku mulia disimbolkan dari pemain Punokawan yaitu Semar, Gareng, Petruk, bagong, dan lewat lagu-lagu gending Jawa yang bernuansa kebangsaan dan lagu nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:58
Last Modified: 17 Oct 2023 07:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25712

Actions (login required)

View Item View Item