(UPLOAD UULANG SESUAI KAIDAH..FILE HARUS pdf)..Analisis Klimatologis dan Geografis Terhadap Tempat Rukyatulhilal Yang Ideal (Studi Kasus Terhadap Markaz Lereng Gunung Pandan Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun)

Murtadlo, Abdul Wahid Ali (2023) (UPLOAD UULANG SESUAI KAIDAH..FILE HARUS pdf)..Analisis Klimatologis dan Geografis Terhadap Tempat Rukyatulhilal Yang Ideal (Studi Kasus Terhadap Markaz Lereng Gunung Pandan Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi lengkap etesis.docx

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Murtadlo, Abdul Wahid Ali, 2023. “Analisis Klimatologis dan Geografis Terhadap Tempat Rukyatulhilal Yang Ideal (Studi Kasus Terhadap Markaz Lereng Gunung Pandan Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun)”. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.
Kata Kunci: Rukyatulhilal, Hilal, Lereng Gunung Pandan-Madiun.
Kegiatan rukyatulhilal ialah melihat cahaya yang berbentuk lengkung tipis pada permukaan bulan di ufuk sebelah barat setelah matahari terbenam. rukyatulhilal ini dilakukan dengan menggunakan mata telanjang atau dengan alat bantu untuk melihat keberadaan hilal. dalam melaksanakan observasi hilal, banyak sekali kesulitan-kesulitan yang menghambat penglihatan hilal secara visual, seperti kondisi cuaca yang tidak selalu cerah, ketinggian hilal dan Matahari, jarak antara Bulan dan matahari, kondisi atmosfer bumi, kualitas mata pengamat, kualitas alat untuk pengamat, kondisi psikologis pengamat (perukyat), waktu dan biaya transportasi. Lereng Gunung Pandan-Madiun adalah salah satu lokasi yang dijadikan tempat rukyatulhilal di wilayah Jawa Timur, yang mana tempat ini telah digunakan kurang lebih selama 6 tahun sebagai tempat rukyatulhilal. Namun dalam kurun waktu tersebut hanya satu kali melihat hilal. Maka dari itu perlu diadakan penelitian tentang tingkat kelayakan Lereng Gunung Pandan-Madiun sebagai tempat rukyatulhilal berdasarkan analisis klimatologis? Bagaimana tingkat kelayakan Lereng Gunung Pandan-Madiun sebagai tempat rukyatulhilal berdasarkan analisis geografis?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang terjadi di masyarakat kemudian melihat ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kejadian tersebut. Analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang lebih menekankan analisanya pada proses penyimpulan induktif-deduktif (penarikan kesimpulan dai hal yang bersifat khusus menjadi hal yang bersifat umum).
Hasil penelitian diketahui bahwa dasar pertimbangan penggunaan Lereng Gunung Pandan-Madiun sebagai tempat rukyatulhilal karena pada lokasi tersebut sudah memenuhi primer yaitu, daerah Pandang pada azimuth 240 sampai dengan 300 tidak ada penghalang fisik maupun non fisik dan akses tempat mudah dijangkau. Sedangkan untuk kriteria sekunder lokasi tersebut kurang layak, sebab pada lokasi tersebut belum ada bangunan yang di gunakan sebagai tempat rukyatulhilal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:45
Last Modified: 17 Oct 2023 07:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25710

Actions (login required)

View Item View Item